Berita Kabupaten Banjar

Bawaslu Banjar Nilai Sudah Cukup Periksa Saksi-saksi Terkait Penggelembungan Suara di Internal PKB

Bawaslu Kabupaten Banjar menilai sudah cukup memintai keterangan saksi-saksi dalam memproses dugaan penggelembungan suara internal caleg PKB

Bawaslu Banjar Nilai Sudah Cukup Periksa Saksi-saksi Terkait Penggelembungan Suara di Internal PKB
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Anggota Bawaslu Banjar, Syahrial Fitri. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Bawaslu Kabupaten Banjar menilai sudah cukup memintai keterangan saksi-saksi dalam memproses dugaan penggelembungan suara internal caleg PKB untuk DPRD Provinsi Kalsel. Kehadiran Sekretaris DPW PKB Kalsel, H Hormansyah pada Kamis (13/6) lalu dirasa sudah cukup.

Hal ini diungkapkan Anggota Bawaslu Banjar, Syahrial Fitri. Lebih lanjut dia mengatakan, terkait kehadiran Hormansyah yang juga anggota DPRD Provinsi Kalsel di Bawaslu Provinsi Kalsel dalam rangka memenuhi undangan klarifikasi Sentra Gakkumdu Kabupaten Banjar.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi kepada beliau, bisa meluangkan waktu ditengah kesibukan kunjungan kerja sebagai wakil rakyat menghadiri klarifikasi pukul sekitar 14. 30 Wita, apapun keterangan yang disampaikan oleh Pak Hormansyah, menjadi tambahan informasi bagi kami," katanya.

Selanjutnya menurut Syahrial, untuk melakukan kajian hukum terhadap peristiwa adanya dua berita acara yang berbeda yakni model DA 1 DPRD Provinsi yang dibuat oleh PPK Kecamatan Karang Intan, dan Model DA1-DPRD Provinsi yang diserahkan kepada Panwaslu Kecamatan Karangintan dan KPU Kabupaten Banjar.

Baca: Viral Kisah Bubble Tea Menumpuk di Usus Remaja China, Simak 5 Resiko Konsumsi Bubble Tea

Baca: KPU Kalsel Siapkan Kronologi dan Alat Bukti Terkait PHPU di Tingkat Pusat

Baca: LIVE MNC TV! Live Streaming Metube.id Timnas Futsal Indonesia vs Irak Piala AFC U-20 Futsal 2019

Baca: Bentar Lagi MotoGP Catalunya 2019 Live di Trans7 - Jorge Lorenzo Mengaku Mulai Nyaman Pakai RC213V

Semua hasil klarifikasi para pihak yang bersentuhan langsung dengan peristiwa tersebut, maka pihaknya akan merapatkan lagi di Sentra Gakkumdu Kabupaten Banjar, bagaimana hasilnya, diteruskan atau dihentikan. Pihaknya nanti melihat hasil dari pengkajian bersama.

"Rencananya Senin (17/6) kami akan melaksanakan rapat pembahasan kedua. Sepertinya para pihak-pihak yang sudah kami mintai keterangan, sudah cukup," imbuhnya.

Namun ditegaskannya, pembahasan kedua pada Senin (17/6) belum bisa menyimpulkan apakah merupakan bentuk pelanggaran atau bukan, melainkan pembahasan kedua tersebut menelaah apakah dugaan tersebut bisa ditingkatkan keproses penyidikan atau dihentikan oleh Sentra Gakkumdu Kabupaten Banjar.

Bawaslu Banjar sebelumnya sudah memintai keterangan caleg PKB untuk DPRD Provinsi daerah pemilihan Kasel 2, yakni Eko Sujarwo, Ali Syahbana.

Ali Syahbana ketika dikonfirmasi membenarkan, bahwa dirinya dimintai keterangan di Kantor Bawaslu Kabupaten Banjar pada Selasa (11/6). Namun menurutnya sifatnya hanya klarifikasi saja terkait dugaan penggelembungan suara dan dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

Pemeriksaan terhadap saksi-saksi sebagai proses atas kasus dugaan penggelembungan suara diinternal caleg PKB itu. Dua caleg PKB dan Ketua KPU Kabupaten Banjar, Muhaimin, serta Sekretaris DPW PKB Kalsel, Hormansyah yang mana saat dimintai keterangan berlangsung tertutup. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved