Berita Kabupaten Banjar

Dinas di Kabupaten Banjar Terkesan Saling 'Lempar Tanggung Jawab' Terkait Izin UKL UPL Rumah Makan

Rumah makan-rumah makan di Kota Martapura, Kabupaten Banjar diduga masih banyak belum mengantongi izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL)

Dinas di Kabupaten Banjar Terkesan Saling 'Lempar Tanggung Jawab' Terkait Izin UKL UPL Rumah Makan
Banjarmasinpost.co.id/Hasby
Dinas LH Banjar saat periksa pembuangan rumah makan di Jalan A Yani Km 38 Martapura beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Rumah makan-rumah makan di Kota Martapura, Kabupaten Banjar diduga masih banyak belum mengantongi izin Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) dan izin Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL).

Salah satunya warung makan di Jalan A Yani Km 38 Martapura Kabupaten Banjar, namun tetapi beroperasional.

Pengelola rumah makan tersebut pun mengakui, pihaknya sudah mengajukan permohonan izin kepada Dinas LH Kabupaten Banjar dan saat ini masih berproses.

Rumah makan tersebut tetap melayani pembeli, namun sempat dikeluhkan oleh anggtoa Satpol PP Kabupaten Banjar yang berjaga di rumah dinas Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dan kantor PMI Cabang Kabupaten Banjar.

Baca: Viral Kisah Bubble Tea Menumpuk di Usus Remaja China, Simak 5 Resiko Konsumsi Bubble Tea

Baca: Bawaslu Banjar Nilai Sudah Cukup Periksa Saksi-saksi Terkait Penggelembungan Suara di Internal PKB

Baca: KPU Kalsel Siapkan Kronologi dan Alat Bukti Terkait PHPU di Tingkat Pusat

Baca: Maia Estianty Bergaya Bak ABG di Korea Saat El Rumi dan Dul Jaelani Jenguk Ahmad Dhani

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar seakan tutup mata. Kepala Seksi Penegakan Hukum DLH Kabupaten Banjar, Iman Syafrizal ketika dikonfirmasi hal tersebut, mengatakan, terkait jika masih dalam proses pengajuan dokumen lingkungan hidup maka kewenangan kajiannya dengan bidang tata lingkungan.

Dijelaskannya, seelah izin lingkungan dan dokumen disetujui, dilanjutkan dengan tahap pengawasan dilimpahkan kepada bidang penataan.

Jika berkaitan dengan informasi penyajian dan proses pembuatan dokumen lingkungan, kewenangannya dengan bidang tata lingkungan.

"Berkaitan dengan dokumen lingkungan rumah makan di Jalan A Yani Km 38 Martapura sudah diproses oleh bidang Tata Lingkungan. Silakan komunikasikan dengan Kepala Bidang Tata Lingkungan," katanya.

Kabid Tata Lingkungan Dinas LH Kabupaten Banjar, Hamdi ketika dikonfirmasi justru mempersilakan mengonfirmasi dengan Bidang Penegakan Hukum Dinas LH atau mengonfirmasi dengan Bidang Pengendalian Pencemaran. Ditegaskannya, pihaknya hanya memroses perizinan yang sudah diajukan oleh bidang lainnya.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Dinas LH Banjar, Yunida ketika dikonfirmasi, justru mempersilakan mengonfirmasi hal tersebut dengan Bidang Tata Lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved