Bumi Antaludin

Hadiri Halal Bihalal Bidan se HSS, Bupati H Achmad Fikry Apresiasi Bidan Tekan Kematian Ibu dan Bayi

Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mengapresiasi kerja keras para bidan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi.

Hadiri Halal Bihalal Bidan se HSS, Bupati H Achmad Fikry Apresiasi Bidan Tekan Kematian Ibu dan Bayi
Dinas Kominfo Pemkab HSS
Bupati HSS memberikan pengarahan kepada anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) HSS 

BANJARASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry mengapresiasi kerja keras para bidan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi.

Bahkan program Si Midun Ke Faskes “ (strategi Kemitraan Dukun Kampung dan Bidan Merujuk Ibu Melahirkan Ke Fasilitas Kesehatan) berhasil masuk Top 35 Inovasi Pelayanan Publik se- Indonesia pada 2016 lalu.

 “Ini kebanggaan bagi Pemkab HSS, dimana semangat inovasi memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat tersebut agar terus dipelihara, dirawat dan dijaga di pusat-pusat pelayanan kesehatan,”kata Fikry saat menghadiri pertemuan silaturahmi dan diskusi anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang HSS, di Gedung Pramuka Kandangan, Jumat 14 Juni 2019.

Pada pertemuan yang dikemas halal bihalal tersebut Fikry menyampaikan, setelah kembali mengemban amanah untuk periode 2018-2023, pertama kali dia bertemu  secara formal dengan IBI Cabang HSS.

Menurutnya,  sembilan dari sisi waktu agak lama. Tapi, dalam prakteknya terasa begitu singkat, sehingga tidak terlambat pertemuan tersebut dimanfaatkan sebagai ajang berbagi informasi.

”Masukkan para bidan, akan menjadi acuan kebijakan teknis di Dinkes, dan menjadi kebijakan Pemkab HSS.

 Pendukung upaya bidan mengatasi kematian ibu dan bayi, Pemkab HSS jelas Bupati, telah meningkatkan dukungan pembangunan Puskesdes di desa-desa. Bahkan, dalam satu desa, ada yang meiliki dua puskesdes berdasarkan jumlah penduduk yang dilayanani. 

“Di Puskedes Puskesdes  tersebut terdapat  bidan yang diharapkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,”katanya.

Bupati HSS didampingi Kadinkes HSS dan Ketua IBI HSS
Bupati HSS didampingi Kadinkes HSS dan Ketua IBI HSS (Dinas Kominfo HSS)

 Sementara, Ketua IBI HSS Ismiyanti dalam laporannya menyebutkan,  di HSS ada 420 orang yang terdaftar secara online sebagai anggota IBI pada pengurus pusat IBI.

“ Terimakasih pula kepada Dinkes HSS karena telah memberikan berbagai sarana dan prasarana bagi kebutuhan bidan di desa. Sekarang Puskesdes bangunannya sudah sangat bagus. Begitu pula alat transportasi yang terus diperbaharui Pemkab HSS, sudah memberikan dukungan operasional kami,”katanya.

 Menurutnya, dukungan Pekab HSS tersebut, memberi semangat para bidan dalam melaksanakan pelayanan sehari-hari.

“Alhamdulillah, Bupati HSS dan Dinas Kesehatan HSS sangat memperhatikan kebutuhan sarana pendukung kerja kami, termsuk kesejahteraan para bidan,”pungkasnya. 

Hadir pada kesempatan tersebut Kadinkes HSS dr Hj Zainab,  Kabid Pelayanan Kesehatan Daru Priyanto, Ketua IBI Cabang HSS  Ismayanti, serta pengurus dan seluruh anggota IBI HSS. (AOL)

 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved