Mereka Bicara

Yth BUpati Banjar, Apa Fungsi dan Manfaat Setda BagI Pemda Banjar?

Siapa yang mengangkat melantik dan bertanggung jawab pada siapa kinerjanya serta masa jabatan siapa yang mengatur.

Yth BUpati Banjar, Apa Fungsi dan Manfaat Setda BagI Pemda Banjar?
Kominfo banjar
Ilustrasi - Bupati Banjar, H Khalilurrahman melantik dan mengambil sumpah 71 orang mengisi jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkungan Pemkab Banjar di Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu (29/5). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kepada Yth. Bapak Bupati Banjar. Saya pemerhati sosial masyarakat Banjar hendak bertanya, apa fungsi kerja pokok dan manfaat sekretaris daerah atau setda bagi Pemda Kabupaten.

Siapa yang mengangkat melantik dan bertanggung jawab pada siapa kinerjanya serta masa jabatan siapa yang mengatur. Terima kasih.
085332216526

TANGGAPAN:

MENJAWAB pertanyaan saudara, bahwa berdasarkan ketentuan dalam Perda Kabupaten Banjar No 13 tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah telah disebutkan bahwa keberadaan Sekretariat Daerah merupakan salah satu Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.

Kemudian dalam pasal 2 Peraturan Bupati Banjar no.49 tahun 2016 tentang kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Sekretariat Daerah telah disebutkan bahwa Sekretariat sebagai Salah Satu Perangkat Daerah mempunyai kedudukan sebagai unsur Staf Pemerintah Daerah yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah dan bertanggung jawab kepada Bupati Banjar.

Kemudian pada Pasal 4 juga disebutkan bahwa Tugas dan Fungsi Sekretaris Daerah berbunyi :

1. Sekretaris Daerah mempunyai Tugas membantu Bupati dalam Penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian Administratif terhadap pelaksanaan Tugas Perangkat Daerah serta Pelayanan Administratif.

2. Sekretaris Daerah dalam melaksanakan Tugas sebagaimana dimaksud pada ayat 1 tersebut menyelenggarakan fungsi: a. Pengkoordinasian Penyusunan Kebijakan Daerah. b. Pengkoordinasian Pelaksanaan Tugas Satuan Kerja Perangkat Daerah. c. Pemantauan dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Daerah. d. Pelayanan Adminis tratif dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah, dan e. Pelaksanaan Fungsi Lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan Tugas dan Fungsinya.
Demikian Penjelasan kami, Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Kepala Diskominfo Banjar Ir Farid Soufian
Kepala Diskominfo Banjar Ir Farid Soufian (istimewa)

DR IR HM FARID SOUFIAN MS
Kadis Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved