Ekonomi dan Bisnis

100 Wira Usaha Baru Muda (WUB) Binaan Pemko Banjarmasin Ikuti Bimtek di Kantor Pusat Bank Kalsel

Ibnu Sina menggandeng pembicara dari e-commerce yakni Kampus Shopee Banjarmasin dan Komunitas Bukalapak Banjarmasin.

100 Wira Usaha Baru Muda (WUB) Binaan Pemko Banjarmasin Ikuti Bimtek di Kantor Pusat Bank Kalsel
banjarmasinpost.co.id/mariana
Bimtek Pembinaan Kemandirian dan Entrepreuner Wira Usaha Baru (WUB) pada Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin, di Kantor Pusat Bank Kalsel, Rabu (18/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Sebanyak 100 wira usaha baru (WUB) binaan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mengikuti pelatihan bertajuk Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Kemandirian dan Entrepreuner Wira Usaha Baru pada Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, berlangsung di Kantor Pusat Bank Kalsel, Selasa (18/6/2019).

Pada Bimtek ini Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menggandeng pembicara dari e-commerce yakni Kampus Shopee Banjarmasin dan Komunitas Bukalapak Banjarmasin.

“Wira usaha baru ini merupakan program nomor 2 dari tiga visi Banjarmasin Baiman, yakni melahirkan WUB berbasis UMKM mengembalikan Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa,” jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Dari kegiatan semacam ini di antaranya pelatihan workshop dan sebagainya, Ibnu Sina berharap dapat melahirkan wira usaha baru muda dari Banjarmasin.

Baca: Bawa Mobil Ugal-ugal hingga Nyaris Tabrak Warga dan Polisi, Faisal Tabrak Tiang Listrik di Kayutangi

Selama tiga tahun program wira usaha, dipaparkannya telah dihasilkan 2.017 wira usaha baru dari target 2.500 wira usaha dalam lima tahun, yang mana setiap tahun mengincar 500 wira usaha baru yang muncul di Banjarmasin.

Ditambahkannya, terdapat tujuh SKPD yang tergabung dalam Pokja Wira Usaha Baru di antaranya Dispora, Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pembudayaan dan Pariwisata.

Bimtek Pembinaan Kemandirian dan Entrepreuner Wira Usaha Baru pada Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin di Kantor Pusat Bank Kalsel, Rabu (18/6/2019).
Bimtek Pembinaan Kemandirian dan Entrepreuner Wira Usaha Baru pada Bidang Pengembangan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin di Kantor Pusat Bank Kalsel, Rabu (18/6/2019). (banjarmasinpost.co.id/mariana)

”Pada 2016 kami menghimpun sebanyak 625 WUB, 2017 sebanyak 744 WUB, dan pada 2018 hampir 800 WUB ikut dan pada akhir 2018 terhimpun sekitar 2.017 WUB muda di Banjarmasin. Kemudian hasil evaluasi menunjukkan dari 2.017 orang tersebut hanya 50 persen yang aktif,” imbuhnya.

Baca: Kadishub Kota Banjarmasin Nobatkan 55 Pak Ogah Sebagai Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas, Supeltas

Sebelum hari jadi Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengungkapkan pada 24 September mendatang akan melaunching Galeri Wira Usaha bertempat di Gedung Sasirangan Kreatif yang terletak di Jalan A Yani Km 4,5 samping Fly Over.

“Karena menggandeng e-commerce sehingga membutuhkan transaksi Perbankan, untuk itu kami ucapkan terima kasih atas dukungan Bank Kalsel, yang turut membantu pengembangan wira usaha baru muda di Banjarmasin,” pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana )

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved