Berita Banjarbaru

Air Curah Penggunaan ke SPAM dari PDAM Intan Banjar Rata-rata Per Bulan 372.186 m3

Perusahaan daerah yang beroperasi di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar ini menjadi pelanggan tetap bahkan pemakai air utama dari PAM Banjarbakula.

Air Curah Penggunaan ke SPAM dari PDAM Intan Banjar Rata-rata Per Bulan 372.186 m3
PDAM Intan Banjar
Kantor PDAM Intan Banjar di Kota Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU - Sejauh ini, Balai Pengolahan Air Minum (BPAM) Banjarbakula rutin mendistribuaikan air ke PDAM Intan Banjar.

Perusahaan daerah yang beroperasi di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar ini menjadi pelanggan tetap bahkan pemakai air utama dari PAM Banjarbakula.

PDAM Intan Banjar memakai juga air dalam bentuk air curah yang dialirkan dari SPAM Banjarbakula. Setiap kubik yang disalurkan dari instalasi pengolahan air (IPA) Pinus, ada biaya pelayanan yang harus dibayarkan.
Sebagaimana kesepakatan, untuk air baku PDAM Intan Banjar mengeluarkan biaya pelayanan sebesar Rp188 rupiah per meter kubik, sedangkan untuk air curah dibebankan sebesar Rp1.970 per meter kubik (M3).

Kepala BPAM Banjarbakula, Nazaruddin Alhaidar menyebutkan, biaya yang dikeluarkan PDAM tersebut disetorlan langsung ke kas daerah, sehingga pihaknya tidak menerima dalam bentuk uang tunai.

Baca: Itik Di Desa Tatah Layap Beruntung Baru Kabupaten Banjar Tak Lagi Mati, Disnakbun Himbau Ini

Ia mengatakan, biaya yang timbul hanya untuk mengganti jasa pelayanan.

Dikatakannya, kontribusi PDAM Intan Banjar terhadap operasional PAM Banjarbakula cukup besar.

"Jika dirata-rata konsumsi air curah yang kami distribusikan ke PDAM Intan Banjar perbulan 372.186 m3," kata pria yang akrab disapa Anas ini.

Jika dikalkulasikan dalam bentuk uang sebesar Rp1. 970 per m3, maka PDAM Intan Banjar perbulan rata-rata berkontribusi Rp733. 206.402.

Anas mengatakan, dari satu mesin yang sudah dimiliki pihaknya mampu menghasilkan air curah 200 liter perdetik. Dari jumlah itu suplay untuk PDAM Intan Banjar sebesar 160 liter perdetik.

Baca: DPRD Kotabaru Cuma Anggarkan Baju Pelantikan, Tiga Pasang Baju di Anggaran Berikutnya

"Selain Intan Banjar yang saat ini kami suplay juga ada PDAM Tanah Laut," bebernya.

Sejatinya, program SPAM Banjarbakula ini untuk mendistribusikan air Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, dan Barito Kuala. Khusus Banjarmasin dan Batola belum tetdistribusikan karena menunggu penyelesaian infrastruktur pendukung. (banjarmasinpost.co.id/lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved