Bumi Antaluddin

Kodim 1003 Kandangan Simulasi Penganggulangan Karhutla, Ini Harapan Wakil Bupati HSS

Personel Kodim 1003 Kandangan, mengikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu (19/6/2019) di Aula Makodim

Kodim 1003 Kandangan Simulasi Penganggulangan Karhutla, Ini Harapan Wakil Bupati HSS
Kominfo HSS
Wabup HSS bersama Danrem 101 ANtasari Banjarmasin serta anggota Forkopinda HSS menghadiri kegiatan Simulasi Karhutla di Kodim 1003 Kandangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Personel Kodim 1003 Kandangan, mengikuti Simulasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu (19/6/2019) di Aula Makodim, Jalan Jenderal A Yani Kandangan.

Kegiatan tindak lanjut Gerakan Penanggulangan Karhutla secara nasional yang dicanangkan pemerintah pusat tersebut dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Kapolres HSS, Kajari HST serta Ketua DPRD HSS.

Peresmian pembukaan kegiatan dilakukan Komandan Korem (Danrem) 101 Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismet. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Latihan Posko I Antasari Bhakti 38 Kodim 1003 Kandangan 2019, yang diikuti oleh seluruh Jajaran Prajurit TNI dan Sipil di wilayah teritorial Kodim 1003 Kandangan.

Wabup HSS berbicang dengan Danrem 101/Antasari-Banjarmasin, di Makodim 1003 Kandangan.
Wabup HSS berbicang dengan Danrem 101/Antasari-Banjarmasin, di Makodim 1003 Kandangan. (Diskominfo HSS)

Dalam sambutannya, Danrem 101/Antasari menyampaikan, Latihan Posko I ini merupakan cara latihan taktis tanpa pasukan. Tujuannya untuk memelihara dan meningkatkan hubungan kerja dalam melaksanakan komando operasi yang mencakup keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dengan kelembagaan terkait pada penanggulangan bencana daerah.

"Ini merupakan pelaksanaan salah satu fungsi TNI melaksanakan operasi militer di luar perang atau pertahanan negara. Yak ni membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam, pengungsian dan bantuan kemanusiaan. Ini sudah diatur dalam undang-undang dimana TNI tergabung dalam Badan Penanggulangan Bencana Daerah," jelasnya.

Wabup HSS, Forkopinda dengan Danrem 101 Antasari serta anggota Kodim 1003 Kandangan berfoto bersama.
Wabup HSS, Forkopinda dengan Danrem 101 Antasari serta anggota Kodim 1003 Kandangan berfoto bersama. (Kominfo HSS)

Kegiatan bertema "Kodim 1003 Kandangan Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemkab HSS Dalam Rangka Operasi Penanggulangan Karhutla" tetap diikuti penuh semangat oleh peserta, meski di bawah hujan gerimis di Kota Kandangan yang turun sejak pukul 07.00 wita sampai siang.

Sementara, Wabup HSS menyampaikan apresiasi kepada pihak Kodim 1003 Kandangan, yang menyelenggarakan kegiatan tersebut sebagai upaya antisipasi maupun mengatasi masalah Karhutla di wilayah HSS.

“Besok dilaksanakan rapat kesiapan terkait hal tersebut. Harapan kita yang terpenting kesadaran masyarakat agar tak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. Serta menjaga wilayah masing-masing dari kebakaran lahan maupun hutan, dan segera menghubungi petugas jika mengetahui adaKarhutla. Tentunya, kita berdoa pula agar tidak terjadi bencana Karhutla di wilayah HSS," pungkasnya. (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved