Berita Kotabaru

Lanal Kotabaru Cari Solusi Pemecahan Alur Pelayaran dan Menghidupkan Kembali PPI

Permasalahan perairan di Wilayah Kabupaten Kotabaru kini secara bersama-sama mulai dibicarakan di Mako Lanal Kotabaru, Rabu (19/6/19)

Lanal Kotabaru Cari Solusi Pemecahan Alur Pelayaran dan Menghidupkan Kembali PPI
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Coffe Morning di Mako Lanal Kotabaru Bahas Kemaritiman Kotabaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Permasalahan perairan di Wilayah Kabupaten Kotabaru kini secara bersama-sama mulai dibicarakan di Mako Lanal Kotabaru, Rabu (19/6/19) di acara Coffe Morning.

Ada 5 topik diskusi yang dibicarakan yaitu Alur Selat Laut, menghidupkan kembali PPI, Patroli Kamla Bersama, Distress signal, dan pencemaran laut. Diskusi tersebut dipimpin langsung Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto, ST. Selain itu dihadiri Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, Kepala KSOP Kotabaru Batulicin, GM Pelindi III Hardianto dan pejabat yang berkaitan dengan Kemaritiman.

"Kita akan menghidupkan kembali PPI tanpa menghilangkan yang sudah ada, kita akan bersaing untuk menghidupkan kembali PPI dan memaksimalkan potensi Selat Laut. Karena saat ini, nelayan lebih banyak membongkar ditempat lain, makanya kami bersama unsur kemaritiman merapatkan agar PPI ini kembali diaktifkan, " katanya.

Dia juga mengatakan, terkait alur akan dijaga sampai selat Selat harus dipastikan aman dulu untuk navigasi dan tidak mengganggu alur pelayaran. Selain itu persoalan nelayan Bagang, ada sebanyak yang memasang dan mengenai alur sehingga harus ditertibkan dengan sosialisasi terlebih dahulu.

Baca: VIDEO Live Streaming MNC TV Becamex vs PSM Makassar di Semifinal Piala AFC 2019 Mulai Jam 16.30 WIB

Baca: Uang Jajan Dul Jaelani dari Irwan Mussry Terkuak, Putra Maia Estianty dan Ahmad Dhani Akui Hal Ini

Baca: Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Angsana Tanahbumbu Terendam Banjir, Segini Ketinggian Airnya

"Dari hasil rapat tadi, kita akan sama-sama KSOP memberikn tanda untuk alur tersebut. Dan melebihi batas, nanti akan diperingatkan karena menghambat dan nelayan diminta untuk memindahkan Bagangnya, " katanya.

TNI AL dalam hal ini Lanal Kotabaru diharapkan dapat selalu memberikan yang terbaik. Profesional dalam menjalankan tugas pokok TNI AL khususnya di Wilayah Kerja Lanal Kotabaru akan ditingkatkan. Begitu juga dengan pemahaman membuang sampah dilaut.

"Ini harus kita berikan prmahaman, karena kerusakan kebanyakan diakibatkan karena sampah. Tentunya itu berdampak bagi kita sendiri, " katanya

Letkol Laut (P) Guruh juga mengatakan, koordinasi kemaritiman akan terus berlanjut dan menjadi agenda dari Lanal Kotabaru yang tujuannya adalah untuk saling berkoordinasi. Selain itu, sekaligus melakukan sosialisasi kepada instansi kemaritiman dan masyarakat secara keseluruhan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad, mengatakan koordinasi ini diharapkan mendapatkan hasil yang baik. Kesempatan ini memang diakuinya permasalahan alur pelayaran dan kurang aktifnya PPI ini menjadi kendala.

"Permasalahan sekarang kewenangannya di Provinsi namun ini ada diwilayah kita dan PPI ini banyak yang tidak membongkar disana. Nelayan memilih ditempat lain, makanya kita bersama TNI AL bersama Koperasi AL akan memecahkan masalah ini dan mengaktifkan kembali," katanya.

Sekadar diketahui, kegiatan dihadiri instansi maritim diantaranya Kepala KSOP kelas III Batulicin beserta jajaran, Kasatpolair Polres Kotabaru beserta jajaran, Kepala Pelindo III Stagen Kotabaru beserta jajaran, Kepala Dinas PerikananKotabaru, Kabag Ekonomi Kotabaru, perwakilan KKP, PPI Provinsi Kalimantan Selatan, dan Kapos SAR Kotabaru, serta instansi maritim terkait lainnya dan nelayan serta kepala desa.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved