Berita Kalteng

Lima Kabupaten Kalteng Belum Terapkan Zonasi Penerimaan Siswa Baru, Ini Permasalahannya

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah mendata ada lima Kabupaten dari 15 Kabupaten, Kota dan Provinsi di Kalteng yang hingga Rabu

Lima Kabupaten Kalteng Belum Terapkan Zonasi Penerimaan Siswa Baru, Ini Permasalahannya
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Kepala LPMP Kalteng, Sukaryanti. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalimantan Tengah mendata ada lima Kabupaten dari 15 Kabupaten, Kota dan Provinsi di Kalteng yang hingga Rabu (19/6/2019) memasuki masa penerimaan siswa baru tidak menggunakan sistem zonasi.

Sesuai dengan imbauan ada tiga jalur penerimaan siswa baru yakni Zonasi, prestasi dan kepindahan orang tua, di Kalteng memang sudah mulai melakukan tiga jalur tersebut, namun tidak semua kabupaten yang bisa menggunakan jalur tersebut khususnya untuk zonasi.

Untuk jalur prestasi dan kepindahan orang tua siswa diharapkan mencapai lima persen dari jumlah siswa yang diterima, sehingga jika dalam penerimaan siswa baru tersebut, ternyata tidak memenuhi lima persen ,maka untuk penerimaan lainnya dipakai cara menggunakan zonasi.

Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Kalteng, Sukaryanti, Rabu (19/6/2019) mengakui, berdasarkan hasil konfirmasi pihaknya ke semua dinas pendidikan kabupaten dan kota juga Provinsi setidaknya ada lima kabupaten yang belum bisa menggunakan jalur zonasi dalam penerimaan siswa baru tersebut.

Baca: Sekarang Punya Rumah Mewah di Bawah Rp 30 Miliar Bebas Pajak PPnBM, Tapi Ingat Aturan Ini!

Baca: Polda Kalimantan Tengah Lepas Empat Orang yang Sempat Diamankan Bersama Teroris di Kalteng

Baca: Aci Ditangkap Polisi Saat Berkendaraan, Anggota Polres Kotim Temukan 101 Gram Sabu Siap Edar

Sukaryanti menjelaskan, salah satu penyebabnya adalah, karena luasnya wilayah satu kabupaten sedangkan lokasi sekolah tidak merata atau terpencar, sehingga seperti di Kabupaten Sukamara pengaturannya perkecamatan bukan lagi ditentukan oleh zonasi jarak dari sekolah.

"Lima Kabupaten yang belum siap yakni Kapuas, alasan belum ada juknis,Pulangpisau, Murungraya alasanya masih dalam bentuk draf, Kabupaten Gunungmas belum ada kabar rencana tahun depan dan Seruyan juga belum bisa menggunakan zonasi penerimaan siswa baru tersebut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved