Berita Kalteng

Paling Potensial Jadi Ibu Kota RI, Kaltang Secara Historis Sudah Diwacanakan Presiden RU 1 Soekarno

Rencana Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia, keluar jawa terus digodok oleh Bappenas. Bahkan, Pulau Kalimantan dipastikan

Paling Potensial Jadi Ibu Kota RI, Kaltang Secara Historis Sudah Diwacanakan Presiden RU 1 Soekarno
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Wilayah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, salah satu lokasi yang akan digarap sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI yang baru. Jembatan Kahayan salah satu monumen yang menjadi ikon Palangkaraya. Agustin Teras Narang, Mantan Gubernur Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rencana Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia, keluar jawa terus digodok oleh Bappenas. Bahkan, Pulau Kalimantan dipastikan akan menjadi lokasi pemindahan ibu kota tersebut.

Desain pemindahan ibu kota negara tahun 2019 sebagai keputusan yang telah dirancang, untuk tahun 2020 merupakan proses perencanaan, berlanjut pada tahun 2021-2023 , merupakan proses pembangunan, sedangkan tahun 2024 , pemerintah pusat mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Jakarta ke Kalimantan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, menegaskan pemindahan ibu kota baru ke luar Pulau Jawa tersebut dimulai tahun 2024, dengan waktu perencanaan dan pembangunan selama empat tahun.

Menanggapi rencana tersebut, Mantan Gubernur Kalteng , A Teras Narang, merasa optimistis, Kalteng yang akan dipilih sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI yang baru tersebut."Kalteng banyak memiliki kelebihan dibanding daerah lainnya, dan ini sudah dirancang oleh Presiden RI Pertama, Soekarno," ujarnya.

Baca: UPR Mantapkan SDM Sambut Pemindahan Ibu Kota Pemerintahan RI

Baca: Dukung Pemindahan Ibu Kota, REI Sebut Lokasi Ideal Ibu Kota Tak Jauh Pelabuhan, Begini Alasannya

Baca: Wing Chun Ip Man Mulai Berkembang di Kalsel, Mau Gabung? Disini Tempat Perguruannya

Menurut Teras, posisi Kalteng yang berada ditengah-tengah NKRI merupakan posisi yang paling potensial dan menguntungkan untuk dijadikan lokasi paling aman sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI, dan sangat strategis untuk keamanan pemerintahan satu negara.

Teras juga meyakinkan, bahwa masyarakat asli Bumi Tambun Bungai, akan siap menyambut dan menerima, jika nantinya Kalteng lah yang dipilih sebagai Ibu Kota Pemerinrahan RI yang baru tersebut."Daerah yang dikunjungi presiden kemarin pasti siap untuk menerima pemindahan Ibu Kota RI tersebut," ujarnya optimistis, akhir pekan tadi.

Wakil Ketua DPRD Kalteng, H Abdul Razak, juga merasa yakin, nantinya Kalteng yang akan dipilih sebagai Ibu Kota Pemerintahan RI yang baru, karena keunggulan Kalteng yang secara historis pernah dicanangkan Presiden RI yang pertama, Soekarno."Bung Karno yang pertama mewacanakan Ibu Kota RI di Palangkaraya, inilah saatnya direalisasikan oleh Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Senada juga diungkapkan, Tokoh Dayak Kaharingan, Lewis KDR yang menjelaskan, rencana pemindahan ke Kalteng tersebut bukan hanya ada saat ini, dia yang merupakan tokoh lokal Kalteng sudah mendengar langsung wacana yang diungkapkan Presiden Soekarno saat pencanangan Palangkaraya sebagai Ibu Kota Kalteng , 62 tahun silam."Kalteng ini memang sudah lama direncanakan sebagai Ibu Kota RI tersebut," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved