Yayasan Adaro Bangun Negeri

Kader Desa yang Eksis Kelola Sampah

Salah satunya menjadi pengelola bank sampah bersama para ibu yang memiliki komitmen sama yakni mewujudkan Desa Kuranji yang bersih

Kader Desa yang Eksis Kelola Sampah
YABN
Tuti Mardiani, selain sukses kelola sampah di Dess Kuranji, ia juga menularkan keahliannya kepada bank sampah yang ada di Kabupaten Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - "Bersih itu sebagian dari iman," ungkap Tuti.

Ungkapan ini jadi motivasi wanita bernama lengkap Tuti Mardiani mengajak warga Desa Kuranji, Kabupaten Tabalong untuk berprilaku bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Wanita dua anak ini hanyalah ibu rumah tangga namun eksis mendukung kegiatan lingkungan.

Salah satunya menjadi pengelola bank sampah bersama para ibu yang memiliki komitmen sama yakni mewujudkan Desa Kuranji yang bersih dan ramah lingkungan.

Desa yang berada di Kecamatan Tanjung ini merupakan kawasan permukiman padat penduduk sehingga sampah jadi permasalahan serius.

Atas dasar keprihatinan itulah Tuti pun tergerak hatinya untuk mengajak warga desa kelahirannya bisa mengatasi persoalan sampah.

Tuti Mardiani, selain sukses kelola sampah di Dess Kuranji, ia juga menularkan keahliannya kepada bank sampah yang ada di Kabupaten Tabalong.
Aktivitas Tuti Mardiani di Bank Sampah Dess Kuranji. (YABN)

"Prihatin melihat lingkungan desa yang kotor jadi motivasi kelola bank sampah," ungkap wanita kelahiran 15 Mei 1971.

Komitmen yang kuat dar idiri Tuti pun mendapat dukungan warga hingga 2016 Bank Sampah Anggrek terbentuk dan punya bangunan permanen.

Saat ini ada sekitar 30 kepala keluarga yang terlibat pengelolaan bank sampah dengan omset sekitar Rp1 juta per bulan.

Awal membentuk bank sampah Tuti bersama rekan- rekannya belum punya lahan atau bangunan permanen. Lahan kosong di bantaran Sungai sekitar Desa Kuranji dimanfaatkan Tuti dan kader bank sampah lainnya untuk beraktifitas mulai dari memilah sampah hingga penimbangan.

Tuti Mardiani, terima penghargaan desa terbaik dan bersih.
Tuti Mardiani, terima penghargaan desa terbaik dan bersih. (YABN)
Halaman
123
Penulis: Didik Trio
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved