Berita Banjarmasin

Rektor ULM Punya Program Satu Prodi Menelurkan Satu Profesor, Sutarto: 'Jadi Kekuatan Luar Biasa

Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Sutarto Hadi membuat program minimal satu program studi menelurkan satu profesor atau guru besar.

Rektor ULM Punya Program Satu Prodi Menelurkan Satu Profesor, Sutarto: 'Jadi Kekuatan Luar Biasa
banjarmasin post group/ nurkholis huda
Prof Sutarto Hadi saat diwawancari aaak media usai kemenangan atas Pilrek ULM 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof Sutarto Hadi membuat program minimal satu program studi menelurkan satu profesor atau guru besar.

Jika ini terwujud, akan ada seratus lebih guru besar di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), sebab di ULM saat ini ada 102 Program Studi.

"Bayangkan saja prodi di ULM lebih dari seratus, jika satu prodi minimal satu guru besar maka akan menjadi kekuatan luar biasa," kata Sutarto, usai mengukuhkan lima guru besar di ULM, Kamis (20/6/2019).

Rektor yang juga guru besar matematika ini menyebut guru besar di prodi tidak merata, sebab ada prodi yang memiliki lebih dari satu guru besar dan ada prodi yang tidak memiliki guru besar.

"Kalau guru besar bertambah maka akan memudahkan program akademik, terutama pendirian program S2 dan S3 dan yang paling penting peningkatan kualitas pembelajaran dna kualitas penelitian," kata Sutarto Hadi.

Sutarto mencontohkan, beberapa prodi yang belum memiliki guru besar di antaranya psikologi, akuntansi, biologi, matematika, fisika, teknologi informasi, teknik mesin, teknik pertambangan, pendidikan kimia dan pendidikan biologi.

Baca: Bukan Verrell Bramasta! Cowok Idaman Aurel Terungkap, Putri Anang Hermansyah & Krisdayanti Sebut Ini

Baca: Sikap Puput Nastiti Devi Saat Dampingi Ahok BTP Makan Bersama Pejabat di Luar Negeri Disorot

Baca: Peringatan Gisella Anastasia pada Wijaya Saputra Sebelum Jadian, Mantan Gading Martin Tegaskan Ini

"Karena itu saya dorong bagaimana di program studi ini harus ada guru besarnya dengan mendorong untuk bisa membuat jurnal penelitian yang terindeks ke internasional," kata Sutarto.

Diakuinya, memang meraih gelar profesor tidak begitu sulit, asalnya mencukupi syarat awal menyandang gelar doktor (S3) dan buat jurnal International.

Dipaparkan Rektor saat ini ULM memiliki 315 doktor dengan usia rata-rata di bawah 50 tahun.

Peluang menjadi guru besar, kata Sutarto, terbuka lebar. Ia bahkan memuji Nia Kania, salah satu guru besar yang dikukuhkan, sebab yang bersangkutan bisa naik dua tingkat dari lektor menjadi guru besar.

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved