Berita Tapin

Siswa SDN Rantau Kiwa 1 Terapkan Gerakan Jumat Taqwa Berbuah Penghargaan Kemenag

Dua tahun berturut-turut itu, pada penghargaan diterima akhir 2017 dan akhir 2018 lalu, berupa plakat penghargaan dari Kementerian Agama Tapin.

Siswa SDN Rantau Kiwa 1 Terapkan Gerakan Jumat Taqwa Berbuah Penghargaan Kemenag
HO/SDN Rantau Kiwa 1
Kegiatan siswa SDN Rantau Kiwa 1 membaca Alquran surat Yasin sebelum belajar di halaman sekolah sebelum mulai belajar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Siswa SDN Rantai Kiwa 1, di Jalan Brigjend Hasan Basri, Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dua tahun ini beroleh prestasi religi.

Dua tahun berturut-turut itu, pada penghargaan diterima akhir 2017 dan akhir 2018 lalu, berupa plakat penghargaan dari Kementerian Agama Kabupaten Tapin.

Penghargaan itu atas evaluasi tim evaluasi dan monitoring pengawas guru Agama Islam pada Kementerian Agama Kabupaten Tapin, sebagai sekolah terbaik menerapkan Gerakan Jumat Taqwa.

Kepala SDN Rantau Kiwa 1, Hj Siti Jamidah, mengaku pencapaian prestasi di tempatnya mengajar itu hanya meneruskan tradisi setelah dirinya dilantik sebagai Kepala SDN Rantau Kiwa 1 pada Maret 2017 lalu.

Baca: Fatwa MPU Aceh Putuskan Game PUBG Haram, Sarankan untuk Diblokir karena Ancam Simbol Agama

Menurutnya kegiatan keagamaan selama sepekan dilaksanakan anak didiknya dan didukung dewan guru serta orangtua siswa adalah tradisi bersalaman di depan pintu gerbang sekolah.

"Setiap pagi guru tiba di sekolah sekitar pukul 06.30 Wita. Itu untuk menyambut kedatangan para siswa sambil bersalaman. Ini membudayakan tradisi senyum, sapa dan salam agar membuat nyaman suasana hati siswa selama berada di sekolah ," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Kamis (20/6/2019).

Kemudian kegiatan Jumat Taqwa, berupa membaca surat Yasin, membaca Asmaul Husna, membaca shalawat dan sarapan bersama. Ini diutamakan dengan harapan siswa hafal diluar kepala setelah lulus belajar di SDN Rantau Kiwa 1.

Baca: Agar Tiket Pesawat Murah, Pemerintah Indonesia akan Beri Insentif bagi Maskapai, Begini Wacanannya

"Setelah itu siswa mendengar petuah dari guru dan imbauan untuk sadaqah dan infak," katanya.

Pengumpulan infak dana sukarela setiap Jumat ini hasilnya untuk diberikan kepada siswa atau orangtua siswa yang mendapat musibah, jelasnya.

"Belum lama ini, dana infak siswa setiap Jumat Taqwa itu kami kirimkan ke korban bencana alam dan tsunami," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved