Berita Kabupaten Banjar

Tahun Ini PPDB SD di Kabupaten Banjar Terapkan Sistem Zonasi, Ini Kata Orangtua Siswa

Alasannya karena anak sekolah dasar masih kecil dan berusia tujuh tahun sehingga masih memerlukan pendampingan orangtua.

Tahun Ini PPDB SD di Kabupaten Banjar Terapkan Sistem Zonasi, Ini Kata Orangtua Siswa
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Kepala Dinas Pendidikan Banjar, Maidi Armansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -- Ada tiga jalur penerimaan murid baru di sekolah dasar negeri yang ada di Kabupaten Banjar, yakni jalur zonasi, prestasi dan perpindahan orangtua. Hal ini sesuai Permendikbud 51/2016 PPDB untuk sekolah dasar negeri.

Orangtua peserta didik baru, Ainudin Azzukhairy mendukung sistem zonasi yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar di tahun 2018 ini. Alasannya karena anak sekolah dasar masih kecil dan berusia tujuh tahun sehingga masih memerlukan pendampingan orangtua.

"Melalui zonasi ini, maka orangtua yang mengantar jemput anak menjadi lebih dekat dan tugas orangtua pun menjadi mudah," katanya.

Masa pendaftaran di sekolah dasar untuk anaknya tersebut mulai 24 Juni 2019, dirinya pun pada tanggal yang sudah ditentukan itu akan mendatangi sekolah itu bersama anaknya dan membawa persyaratan yang sudah ditentutan oleh panitia PPDB di sekolah.

Baca: Protes Dul Jaelani pada Raffi Ahmad Saat Sebut Mulan Jameela, Istri Ahmad Dhani

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Maidi Armansyah mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Azas PPDB berpegang teguh pada obyektifitas, transparansi, akuntabilitas, proporsional, serta tidak diskriminatif. Persyaratan calon PPDB baru kelas 1 pada sekolah dasar tanggal 1 Juli berjalan. Telah berusia tujuh tahun sampai 12 tahun wajib diterima, tidak dipersyaratkan lulusan dari TK/RA/BA serta tidak diperkenankan melakukan tes akademik.

Adapun terkait zonasi, Maidi menjelaskan, sekolah negeri wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah paling sedikit sebesar 90 persen dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima. Radius zona terdekat ditetapkan oleh Satuan Pendidikan sesuai dengan kondisi di daerah tersebut, berdasarkan jumlah ketersediaan daya tampung berdasarkan ketentuan rombongan belajar masing sekolah dengan ketersediaan anak usia sekolah di daerah tersebut.

Baca: Tiga Hari Tenggelam, Jasad Sahrul Ditemukan Mengapung di Perairan Desa Gambah Murung Pudak

SD Negeri dapat menerima calon peserta didik baru melalui jalur prestasi yang berdomisili diluar radius zona terdekat dari sekolah yang paling banyak lima persen dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima. Jalur bagi calon peserta didik yang berdomisili diluar zona terdekat dari sekolah dengan alasan khusus meliputi perpindahan domisili orangtua atau wali peserta didik atau terjadi bencana alam atau sosial, yang mana paling banyak lima persen dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima.

"Orangtua agar mencermati kepada sekolah, terutama terkait pengumuman PPDB ini, utamanya terkait penetapan zonasinya. Total SDN di Kabupaten Banjar ada 359 sekolah dan SD swasta ada 8, sedangkan zonasi ini hanya berlaku untuk SD Negeri," katanya, Kamis (20/6).

Dia mengakui, tidak bisa terelakan kalau orangtua murid menginginkan memasukan anaknya ke sekolah favorit, namun dengan adanya Permendikbud ini maka bisa terjadi pemerataan infrastruktur dan jumlah siswa bisa terwujud. Jumlah siswa baru per kelas pada SD dalam satu rombongan belajar atau kelas maksimum 28 siswa.

Baca: Dishub Kotabaru Perkirakan KMP Bamega Operasi Juli 2019 Melayani Jalur Sebuku Pulaulaut

Dia menambahkan, hal yang perlu mendapat perhatian adalah tidak dibenarkan mengadakan mutasi siswa antar sekolah yang sudah ditetapkan dan diumumkan, kecuali terdapat kekeliruan pada waktu pengumuman. Jika ada penambahan kelas baru atau penambahan daya tampung suatu sekolah supaya diumumkan, kecuali terdapat kekeliruan pada waktu pengumuman. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved