Berita Kabupaten Banjar

Gedung Juang Bakal Direhab untuk Mall Pelayanan Publik, Ini Harapan Bupati Kabupaten Banjar

Pemerintah Kabupaten Banjar secepatnya akan mewujudkan harapan Bupati Banjar H Khalilurrahman untuk memiliki Mall Pelayanan Publik. Gedung Juang

Gedung Juang Bakal Direhab untuk Mall Pelayanan Publik, Ini Harapan Bupati Kabupaten Banjar
Banjarmasinpost.co.id/M Hasby Suhaili
Rencananya akan pindah ke Gedung Juang Martapura, satu atap dengan Mall Pelayanan Publik yang diimpikan Bupati Banjar, H Khaliurrahman. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar secepatnya akan mewujudkan harapan Bupati Banjar H Khalilurrahman untuk memiliki Mall Pelayanan Publik. Gedung Juang di Martapura akan disulap menjadi Mall Pelayanan Publik tersebut.

Penjabat Sekda Kabupaten Banjar, I Gusti Nyoman Yudiana mengatakan, Gedung Juang sudah didesain untuk menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banjar. Pihaknya sudah menganggarkannya dalam APBD Perubahan tahun ini, selanjutnya langsung pelaksanaan rehabnya.

Dia menjelaskan, pengertian rehab, bukanlan merebah bentuk bangunan gedung tetapi hanya menambah sekat-sekat pelayanan. Termasuk nantinya satu atap dengan pelayanan administrasi kependudukan Kabupaten Banjar untuk wilayah Martapura dan sekitarnya.

"Kalau untuk pelayanan kependudukan dan catatan sipil, nantinya akan ada zona-zona, seperti di Gambut ada kemudian di Mataraman ada juga. Ini sebagai bentuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan menghemat waktu dan jarak temput masyarakat," katanya.

Baca: Draf Peraturan Bupati Hulu Sungai Tengah Terkait Wewenang Camat Belum Disahkan

Baca: Ucapan Selamat Ulang Tahun Luna Maya di Hari Kelahiran Reino Barack, Untuk Suami Syahrini?

Baca: Sehari Dua Musibah Kebakaran Gegerkan HSU, Rumah Bedakan dan Mobil Hangus Luluh Lantak

Nyoman menilai, Gedung Juang sudah representatif dijadikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banjar. Lokasinya ditengah kota Martapura dan juga memiliki lahan yang luas untuk parkir, tinggal nantinya menentukan titik-titik atau sekat-sekat pelayanan kepada masyarakat.

Selama ini keberadaan kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) di Jalan Batuah Martapura sudah sering dikeluhkan. Kantor yang dikepalai oleh Azwar itu rencananya akan pindah ke Gedung Juang Martapura, satu atap dengan Mall Pelayanan Publik yang diimpikan Bupati Banjar, H Khaliurrahman.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar, Azwar membenarkan rencana tersebut. Rencana kepindahan kantor disdukcapil akhir-akhir ini mengemuka, pelayanan di kantor disdukcapil akan dipindahkan ke Mall Pelayanan Publik.

"Mal Pelayanan Publik (MPP) informasi yang kami terima memanfaatkan Gedung Juang saat ini yg akan direhab, di samping pelayanan admintrasi kependudukan, juga ada pelayanan-pelayanan lain, seperti pelayana perizinan dan lainnya," katanya.

Dia juga mengatakan, terkait persiapan dan proses rehab dan lainnya, Azwar mempersilakan mengonfirmasi dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar, Ida Pressy. Pihaknya menyambut sangat baik rencana pindah kantor tersebut.

Terlebih saat ini ruang pelayanan banyak dikeluhkan masyarakat, sehingga harapan dengan dialihkan ke Mall Pelayanan Publik makan pelayanan akan semakin bagus. Ruang pelayanan adminstrasi dan kependudukan di Mall Pelayana Publik lebih baik dan representatif dibanding gedung yang ada saat ini.

"Kalau persiapannya, kami menunggu dari dinas PUPR Banjar untuk rehab bangunan. Kami akan menyampaikan saran mengenai ruangan pelayanan administrasi kependudukan supaya sesuai dengan alur pelayanan administrasi kependudukan," tambahnya.

Ditambahkannya, apabila gedung sudah siap, maka tinggal beralih tempat semua pelayanan yang ada di Jalan Batuah ke Mall Pelayanan Publik, petugas dan peralatannya. Tentunya harus disiapkan juga ruangan untuk server supaya jaringan tidak terganggu, sehingga server disimpian di Mall Pelayanan Publik.

"Tentunya lahan parkir lebih luas di halaman Gedung Juang dibanding di Jalan Batuah," tambahnya lagi. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved