Berita Kotabaru

Kotabaru Dapatkan Bantuan 2.600 Lampu Tenaga Surya, Sekarang Pulau Sembilan Kebagian Paling Banyak

Saat ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Kotabaru terdiri dari banyak pulau dan sejumlah di antaranya belum memiliki listrik selama 24 jam.

Kotabaru Dapatkan Bantuan 2.600 Lampu Tenaga Surya, Sekarang Pulau Sembilan Kebagian Paling Banyak
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Permukiman warga Pulau Matasirih, Kecamatan Pulau Sembilan, Kotabaru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Saat ini, sejumlah wilayah di Kabupaten Kotabaru terdiri dari banyak pulau dan sejumlah di antaranya belum memiliki listrik selama 24 jam.

Bahkan masih banyak wilayah yang tak tersentuh listrik. Sehingga mereka masih menggunakan alat penerangan tradisional saja.

Kondisi tersebut membuat Pemerintah Daerah Kotabaru mengusulkan bantuan Listrik Tenaga Surya. Alhasil, respon positif dari Pemerintah pusat sehingga Kotabaru kini mendapatkan bantuan listrik tenaga surya.

Hal itu di akui Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian Kotabaru, Zainal Arifin, Jumat (21/6/19). Dia mengatakan saat ini, Kotabaru telah mendapatkan bantuan listrik tenaga surya yang sedang dalam proses pengiriman ke Kotabaru.

Zainal menyebutkan, bantuan itu diberikan kepada 24 desa dari 13 Kecamatan yang mendapatkan bantuan. Jumlahnya, ada sebanyak 2.600 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Baca: Dinas PUPR Banjarmasin Akui Serba Salah Soal Jembatan Beton Tutup Sungai Veteran

Baca: Kisah Sebenarnya Lagu Ariel NOAH Dibongkar Luna Maya, Ayu Dewi Pastikan Sosok di Balik Lagu Dara

Baca: Tangis Deddy Corbuzier Saat Jadi Mualaf, Ini Respons Sule, Ifan Seventeen, Ria Ricis & Lucinta Luna


"Jadi kita dapat bantuan dari pusat dan yang paling banyak di antara daerah lainnya. Meski kabupaten lain juga dapat bantuan, tapi tak sebanyak di Kotabaru dan patut kita syukuri, " kata Zainal Kepada Banjarmasinpost.co.id.

Namun, bantuan tersebut lebih banyak diarahkan ke ke Kecamatan Pulau Sembilan. Sebab di Kecamatan ini terdiri dari beberapa pulau dan masih banyak yang tak tersentuh listrik.

"Untuk Program LTSHE belum ada yang dibagi karena jadwal pengiriman dari Jakarta ke Kotabaru dijadwalkan mulai tangg 24 Juni 2019, dimana untukk pengiriman pertama ini diprioritaskan untuk jatah pembagian dan pemasangan di Pulau Sembilan, " katanya.

Dia mempresiksikan, pengiriman dari jakarta ke Kotabaru melalui jalur laut menggunakan kontaimer ini sekitar 10 hari. Menurutnya, sesuai dengan perkiraan maka baru akan dibagikan pada Juli mendatang.

"Jadi, dari 2.600 unit, untuk di Pulau Sembilan teralokasi sebanyak 699 unit LTSHE dan rencana pemasangan dilaksanakan diakhir Juli, " katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved