Berita Nasional

Tanggapi Permintaan Menhan Soal Penangguhan Penahanan Kivlan Zen, Polri Serahkan ke Penyidik

Penangguhan penahanan Kivlan Zen yang dijerat kasus dugaan makar tergantung keputusan Penyidik Polri yang menangani kasus tersebut.

Tanggapi Permintaan Menhan Soal Penangguhan Penahanan Kivlan Zen, Polri Serahkan ke Penyidik
(ANTARA FOTO/RENO ESNIR)
Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen (tengah) dikawal polisi usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum, Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (30/5/2019). Polisi menahan Kivlan Zen di tahanan Rutan POM DAM Jaya Guntur, Jakarta Selatan karena disangka memiliki dan menguasai senjata api yang terkait dengan enam orang tersangka yang berniat membunuh empat tokoh nasional dan satu pimpinan lembaga survei. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Polisi belum memutuskan permintaan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu perihal pertimbangan penangguhan penahanan Mayjen (Purn) Kivlan Zen.

Penangguhan penahanan Kivlan Zen yang dijerat kasus dugaan makar tergantung keputusan Penyidik Polri yang menangani kasus tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo menuturkan bahwa penangguhan penahanan merupakan kewenangan penyidik.

"Itu kewenangan penyidik. Penyidik yang akan mempertimbangkan itu," kata Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (20/6/2019).

Baca: Sambut Perayaan Kemerdekaan AS, Nike Kaluarkan Desain Unik Nike Air Foamposite One

Baca: Harga Tiket Pesawat Bisa Turun, Salah satu Caranya Operator Bandara Beri Insentif ke Maskapai

Baca: Agung Hercules Diobati di Rumah Sahabatnya dengan Cara Ini, Membaik?

Baca: Akhirnya, Ifan Seventeen Kembali Manggung Setelah 6 Bulan Tsunami Banten yang Tewaskan Dylan Sahara

Sebelumnya, Ryamizard mengatakan, telah menerima surat permohonan perlindungan dan jaminan penangguhan dari pengacara Mayjen (Purn) Kivlan Zen.

Ryamizard mengatakan, pihaknya telah meminta kepolisian untuk mempertimbangkan perlindungan dan jaminan penangguhan penahanan Kivlan Zen.

"Saya sudah bisik-bisiklah dengan teman-teman polisi coba dipertimbangkan lagi lah. Saya kan cuma mempertimbangkan," kata Ryamizard saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca: Warga Tangkap Buaya Perutnya Buncit, Setelah Dibedah Ditemukan Potongan Tubuh Pria yang Hilang

Ryamizard mengatakan, ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan polisi untuk menunda penangguhan Kivlan. Salah satunya dengan melihat jasa-jasa Kivlan selama menjadi TNI.

"Ya pertimbangan banyak lah, ada jasanya, segala macam, begitu ya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhan Pertimbangkan Penangguhan Penahanan Kivlan Zen, Ini Kata Polri"

Penulis : Devina Halim

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved