Berita Jakarta

Begini Jawaban Anies Saat Disindir Mendagri Soal Masih Kosongnya Jabatan Wakili Gubernur DKI

Anies mengatakan, dirinya tengah menunggu sidang DPRD DKI Jakarta untuk memilih wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno digelar 22 Juli 2019.

Begini Jawaban Anies Saat Disindir Mendagri Soal Masih Kosongnya Jabatan Wakili Gubernur DKI
kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis (5/4/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan dirinya tengah menunggu sidang DPRD DKI Jakarta untuk memilih wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno yang rencananya digelar 22 Juli 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Anies menanggapi sindiran Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait kosongnya kursi wakil gubernur DKI Jakarta dalam sidang paripurna DPRD DKI Jakarta memperingati HUT ke-492 Jakarta, Sabtu (22/6/2019).

Anies mengatakan, dirinya tengah menunggu sidang DPRD DKI Jakarta untuk memilih wagub DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno yang rencananya digelar 22 Juli 2019 mendatang.

"Kita tunggu nanti dewan di DKI melakukan sidang, namanya sudah disampaikan beberapa bulan lalu, mudah-mudahan mereka segera bersidang," kata Anies selepas sidang, Sabtu siang.

Baca: Keracunan Ikan Pindang, Dua Warga Cianjur Meninggal, Puluhan Dirawat Intensif, Begini Gejalanya

Anies mengaku siap bermitra dengan siapa pun kandidat wakil gubernur yang nantinya terpilih. Diketahui, dua nama kandidat yang diajukan ialah Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Saat ditanya mengenai kesannya setelah lama "menjomblo", Anies mengaku hal itu tidak terlalu mengganggu roda pemerintahan.

Namun, Anies menyebut, ketiadaan sosok wagub baru terasa ketika ia dihadapkan sejumlah agenda yang membutuhkan kehadirannya pada waktu bersamaan.

"Kalau program sudah ada organisasi, tapi kepada acara-acara dengan pemerintah pusat, acara yang mengharuskan secara protokoler ada gubernur dan wakil, itu yang menantang," ujar Anies.

Anies mencontohkan, pagi ini ia mendapat dua agenda yang berlangsung bersamaan, yaitu menjadi inspektur upacara HUT ke-492 Jakarta serta melepas Presiden Joko Widodo yang terbang ke Thailand untuk kunjungan kerja.

"Protokolnya gubernur harus melepas presiden. Nah, kalau ada wakil dikirim, gubernur upacara, kalau sekarang terpaksa tidak bisa, jadi yang sering menantang itu bukan pada program," kata Anies.

Baca: Nilai Jaminan Reklamasi Rp 110 Juta Perhektare, Dinas ESDM Harap Perusahaan Lebih Bertanggung Jawab

Sebelumnya, Tjahjo menyindir kosongnya kursi wagub DKI saat memberikan sambutan dalam sidang paripurna DPRD DKI Jakarta memperingati HUT ke-492 Jakarta.

"Yang saya hormati saudara gubernur DKI Jakarta, wakilnya belum ada ya?" kata Tjahjo saat mengawali sambutannya yang disambut tawa para peserta dan hadirin sidang.

(Penulis : Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendagri Sindir DKI Tak Punya Wagub, Anies Bilang Tunggu 22 Juli"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved