Mengenal Keistimewaan Dedaunan Herbal

Bisa Didapat dengan Mudah dan Pasar Mulai Jenuh, Daun Gelinggang Harus Dibikin Produk Jadi

Daun Gelinggang tumbuh di seluruh wilayah Indonesia seperti Kalimantan, Jawa dan Sumatera. Biasanya tumbuh di daerah yang lembab. Baru baru ini daun

Bisa Didapat dengan Mudah dan Pasar Mulai Jenuh, Daun Gelinggang Harus Dibikin Produk Jadi
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Pelepasan Daun Gelinggang untuk Ekspor ke Jepang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID BANJARBARU - Daun Gelinggang tumbuh di seluruh wilayah Indonesia seperti Kalimantan, Jawa dan Sumatera. Biasanya tumbuh di daerah yang lembab. Baru baru ini daun diekspor ke luar negeri untuk campuran teh.

Sementara menurut akademisi ULM, Prof Ismed Setya Budi kebutuhan ekspor memang saat ini mulai meningkat, namun perlu disadari pangsa pasar akan cepat jenuh kalau suplai mudah didapat dalam jumlah besar.

Saat ini, sambungnya, pengembangannya memang belum menemui kendala. Namun kalo sudah ditanam secara luas maka hama penyakit menjadi kendala utama.

Baca: Disebut Daun Ketepeng, Dulu Dikenal Obat Panu, Sekarang Diminum dengan Teh dan Manfaatnya Ini

Baca: Tumbuh di Bumi Kalimantan Selatan, Daun Gelinggang Sekarang Diekspor ke Negeri Sakura

Baca: Kenapa Raffi Ahmad, Andre Taulany & Selebriti Lainnya Doyan Modifikasi Mobil? Terungkap Pemicunya

"Inilah penting serangkaian proses tindakan karantina tumbuhan yang dilakukan oleh Petugas Karantina Tumbuhan (PKT) terhadap komoditas pertanian yang akan diekspor (fitosanitari), agar produk bisa bersaing didunia. Kalau terabaikan maka kalah bersaing karena ekspor dibebani persyaratan yang makin meningkat," runutnya.

Strategi kedepan, kata Prof Ismed Setya Budi, paling tepat adalah tidak lagi ekspor bahan mentah tapi bagaimana Kalsel juga bisa mengolah daun gulinggang menjadi produk setengah jadi atau produk jadi. Dengan demikian keuntungan bisa meningkat secara nyata. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved