Berita HST

Dapat Penilaian Arsip Buruk, Dinas Perpustakaan HST Langsung Gelar Bimtek Kearsipan

Kabupaten HST termasuk dari sembilan kabupaten kota di Kalimantan Selatan yang masuk penilaian pengelolaan arsip dengan kategori buruk.

Dapat Penilaian Arsip Buruk, Dinas Perpustakaan HST Langsung Gelar Bimtek Kearsipan
Istimewa
Kantor Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kabupaten Hulu Sungai Tengah termasuk dari sembilan kabupaten kota di Kalimantan Selatan yang masuk penilaian pengelolaan arsip dengan kategori buruk.

Untuk memperbaiki itu, Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, mengadakan bimbingan teknis pengelolaan arsip selama tiga hari.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Mardiyono, mengataian kegiatan ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia terutama yang menangani kearsipan di SKPD.

Menurutnya, kegiatan tersebut penting, mengingat arsip yang merupakan potret organisasi lembaga untuk penanganan pengarsipan.

Baca: Traffic Light Di Simpang Tengkarau Sudah Berfungsi, Ini Ternyata yang Memperbaikinya

Baca: Bank Kalsel Buka Kesempatan Berkarir untuk Posisi Marketing Staff, Berikut Syaratnya

"Ini termasuk dalam penilaian indeks birokrasi di kabupaten. Permasalahan pengarsipan yang banyak terjadi adalah arsip yang tertumpuk di dalam gudang. Jadi ketika ada kepala dinas yang mencari arsip, maka butuh waktu berhari-hari untuk bisa menemukannya," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya bimbingan teknis nantinya sumber daya manusia mampu menjamin ketersediaan arsip yang otentik dan terpercaya.

Selain itu, pihaknya rencananya juga akan melaksanakan bimbingan teknis tingkat kelurahan dan desa.

"Rencanya bulan Juni 2019 juga. Ini sangat tergantung peran peserta bimtek saat ini dengan melibatkan masing-masing kecamatan yang dijadikan tim pembina tata kearsipan di tingkat kecamatan," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved