Berita Tanahbumbu

Banjir Surut Warga Kembali Aktivitas, Kecuali Ratusan Hektare Sawah di Desa Salimuran Masih Terendam

Air semakin surut terjadi seperti di wilayah Satui Kecamatan Sati, Sebamban Lama, Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban dan beberapa wilayah lain

Banjir Surut Warga Kembali Aktivitas, Kecuali Ratusan Hektare Sawah di Desa Salimuran Masih Terendam
HO/Kades Salimuran
Kondisi terkini, ratusan hektare sawah di Desa Salimuran, Kecamatan Kusan Hilir masih terendam air setinggi satu meter. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Hampir sepekan hujan tidak lagi mengguyur sebagian besar wilayah di Tanahbumbu. Menyusul terus mengeringnya air yang sempat meredam beberapa desa di sejumlah kecamatan. Bahkan kini masyarakat pun sudah kembali beraktivitas seperti biasa pascabanjir.

Hal itu dikemukakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanahbumbu Eryanto Rais kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (23/6/2019).

Menurut Eryanto, air terus semakin surut terjadi seperti di wilayah Satui Kecamatan Sati, Sebamban Lama, Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban dan beberapa wilayah lainnya.

Tidak kecuali di wilayah Suka Maju, Maju Makmur Kecamatan Batulicin. Jelas Eryanto, untuk wilayah itu air lebih awal surut.

"Kalau wilayah ini (Maju Makmur, Suka Maju) sudah lama aman. Air sudah kering," ucap Eryanto dikonfirmasi melalui telepon genggamnya.

Baca: Beberapa Properti dan Tanaman di Rumah Dinas Bupati HST Dibeli dari Uang Pribadi Mantan Bupati

Bahkan tambah Eryanto, masyarakat sebelumnya terdampak kini sebagian besar sudah beraktivitas normal seperti biasa. Karena air sempat meredam rumah mereka terus berangsur kering.

"Seperti di Serdangan air juga sudah turun," jelas Eryanto kepada banjarmasinpost.co.id.

Disinggung kerusakan disebabkan dampak dari banjir, Eryanto menegaskan, sejauh ini pihaknya belum ada mencatat. Seperti kerusalan sekolah, rumah dan fasilitas umum lainnya.

"Karena (saat banjir) air saja kan yang naik. Paling yang rusak paling terkikisnya jalan di Bekarangan dan jembatan di Timbarau Panjang, itu saja.al selain tugas kami (BPBD) evakuasi dan penyaluran logistik," ujarnya.

"Jadi kalau pun ada infrastruktur rusak itu masing-masing SKPD-nya. Paling kami (BPBD) dapat laporan saja," tambah Eryanto.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved