Ekonomi dan Bisnis

Harga Tiket Pesawat Akan Turun, Sejumlah Travel di Banjarmasin Tak Ada Lonjakan Booking Tiket

Pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan hemat atau low cost carrier (LCC) dengan jadwal tertentu pekan depan.

Harga Tiket Pesawat Akan Turun, Sejumlah Travel di Banjarmasin Tak Ada Lonjakan Booking Tiket
Banjarmasinpost.co.id/Nurus Syobah
Tiket pesawat arus mudik ke sejumlah kota di Indonesia dan arus balik di beberapa travel Banjarmasin sudah ludes terjual, Selasa (12/6/18) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah memutuskan untuk menurunkan harga tiket pesawat penerbangan hemat atau low cost carrier (LCC) dengan jadwal tertentu pada pekan depan.

Terkait hal ini, Sekretaris Asita DPD Kalsel, Siti Aisyah, menyambut baik adanya rencana penurunan harga tiket, bahkan maskapai Lion Air memberikan potongan harga hingga 50 persen.

"Saya rasa ini hal yang baik karena tiket mahal sangat mempengaruhi masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi udara ini, kalau mau turun harusnya harganya di bawah satu juta, tidak hanya Lion Air, saya harap maskapai lain juga bisa seperti itu," ucapnya.

Sejumlah biro travel di Banjarmasin pun belum merasakan dampak dari rencana penurunan harga tiket tersebut, pembelian secara order masih normal.

Manajer PT Rizma Tour & Travel, Boy Rahmadi Nafarin mengatakan, terkait rencana penurunan harga tiket, saat ini belum ada lonjakan booking tiket pesawat di tempatnya dalam rangka liburan dan hal lainnya.

Baca: Disbudpar Banjar Rangkul Naga 2019, Ini Program Jangka Pendeknya

"Karena tiket masih mahal jadi belum ada yang booking, sejumlah promo penurunan tarif melalui diskon memang ada, tapi untuk Online Travel Agent (OTA). Untuk rencanan penurunan harga tiketnya mungkin kebanyakan masih belum tahu," jelasnya.

Sedangkan untuk travel konvensional, Boy menambahkan, tidak ada diskon yang diberikan. Saati
ini promo hingga 50 persen diberikan oleh Lion Air sedangkan travel lain masih harga normal.

Tarif tiket pesawat terbang masih tinggi, jumlah penumpang pun makin menurun meskipun ada maskapai penerbangan yang telah menggeber promo demi menarik konsumen.

Hal ini diungkapkan petugas ticketing PT Kharisma Lautan Nusantara Tour & Travel, Banjarmasin, Titin. Menurutnya, penumpang pribadi di biro travel ini mengalami penurunan sejak awal tahun lalu.

Baca: Ada Istri Raffi Ahmad Malah Puji Perempuan Lain, Saat Ketemu BLACKPINK, Nagita Slavina Pun Bereaksi

"Tarifnya cenderung naik tapi juga sempat turun namun sangat kecil tidak signifikan. Kalau di biro travel kami penumpang pribadi memang sepi, namun kami sudah bekerja sama dengan sejumlah instansi untuk keperluan dinas, jadi untuk instansi selalu penuh," paparnya.

Tercatat dua instansi di Kalsel yang bekerjasama dengan PT Kharisma Lautan Nusantara yakni Dinas Perhubungan dan Bapeda.

"Umumnya yang sudah berlangganan, mereka tinggal pesan lewat whatsapp dan email, kemudian pembayaran lewat transfer rekening," ujarnya.

Mengenai rencana penurunan harga tiket, diakuinya masih belum mempengaruhi jumlah penumpang untuk booking tiket.

Baca: Diketahui Korban Tewas Jadi 7 Orang Akibat Bus Rosalia Indah Bertabrakan dengan Avanza

Harga tiket saat ini diakui Titin masih cukup mahal, untuk maskapai Lion Air rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 957.000, dan rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 1.243.000.

Sedangkan maskapai Garuda, rute Banjarmasin-Jakarta dibanderol Rp 1.667.600. Untuk maskapai Citylink, rute Banjarmasin-Surabaya seharga Rp 1.021.900, dan rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 1.639.000. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved