Berita Banjarbaru

Jalur Prestasi Dapat Prosentase Lebih Besar di PPDB SMA 2019, Disdik Imbau Jangan Ada Pungli

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Banjarmasin dan di Banjarbaru akan dimulai 1-3 Juli.

Jalur Prestasi Dapat Prosentase Lebih Besar di PPDB SMA 2019, Disdik Imbau Jangan Ada Pungli
BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti
Ilustrasi - Proses PPDB Online di SMAN 5 Banjarmasin. Panitia memasukan data peserta ke situs PPDB Online 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Banjarmasin dan di Banjarbaru akan dimulai 1-3 Juli. Mekanismenya akan dilakukan secara online.

Dalam berjalannya waktu, untuk PPDB SMA di Banjarbaru dan Banjarmasin akan memberikan peluang lebih besar kepada calon siswa yang berprestasi dari jenjang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) nya.

"Ya, ada perubahan di prosentase. Untuk zonasi itu 80 persen. Untuk jalur prestasinya dinaikkan yang tadinya lima persen naik ke 15 persen, lima persennya lagi untuk jalur kepindahan tugas orangtua lima persen," kata kepala SMAN 1 Banjarbaru, Eko Sanyoto.

Menurut dia, itu ada edaran Kementerian yang menjelaskan untuk menambah prosentase jalur prestasi. Mengakomodir bagi calon peserta yang memiliki suatu prestasi baik di level International nasional maupun Kalsel.

"Ini baik akademik maupun non akademik. Termasuk olahraga seni, keagamaan, dan sejenisnya," kata Eko Sanyoto.

Baca: Saidi Mansyur Ajak Masyarkat Ciptakan Suasana Damai dan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Dijelaskan dia, makin dibukanya jalur prestasi ini harapannya bisa semakin menyerap calon peserta didik yang berkualitas. "Kalau tadinya kan hanya lima persen ini dikasih prosentase lebih besar tentu akan membahagian bagi yang berprestasi," kata Eko Sanyoto.

Menurut dia, untuk jalur prestasi ini nanti akan diurutkan dari yang paling besar tingkat International ke tingkat daerah."Kalau kuotanya sudah terpenuhi maka akan ditutup," kata dia.

Masih dijelaskan Eko Sanyoto, untuk jalur zonasi ini berdasarkan daerah. Misalkan wilayah SMAN 1 Banjarbaru itu ada zonasinya masuk Banjarbaru Selatan ditambah kelurahan Guntung Manggis. Untuk SMAN 2, itu masuk Banjarbaru Utara ditambah kelurahan Guntung Payung, untuk SMAN 3 itu masuk Cempaka.

"Memang ada beberapa irisan yang antara SMAN 3 dengan SMAN 1, misalkan yang mulai dari simpang tiga Trikora daerah kelapa sawit ke selatan ada yang masuk ke SMAN3," kata dia.

Di sekolahnya pada tahun ini akan menerima sebanyak delapan kelas total siswa sebanyak 256 siswa, " kata Eko Sanyoto.

Baca: Doa Orangtua Mengiringi Perjalanan Prestasi Lala Menjadi Galuh Intan Banjar 2019

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved