Saraba Kawa

Angkutan Sampah dan Angkutan Kota di Tabalong Gunakan Biodesel dari jelantah

Bumdes Berkah Bersama Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak saat ini terus berupaya untuk mengumpulkan jelantah dari masyarakat

Angkutan Sampah dan Angkutan Kota di Tabalong Gunakan Biodesel dari jelantah
Dinas Kominfo Tabalong
Bupati Tabalong Anang Syakhfiani Melaunching penggunaan energi baru terbarukan bahan bakar minyak Biodiesel B-20 untuk Armada sampah dan angkutan kota di Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Bumdes Berkah Bersama Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak saat ini terus berupaya untuk mengumpulkan jelantah dari masyarakat.

Jelantah merupakan minyak sisa penggorengan, minyak goreng memamg sebaiknya hanya digunakan untuk tiga kali penggorengan dan dibuang setelahnya. Karena jika digunakan terus menerus akan merusak kesehatan bahkan menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. 

Sedangkan jelantah jika dibuang langsung juga akan merusak lingkungan. Karenanya Bumdes Berkah Bersama berusaha memanfaatkan limbah jelantah sebagai bahan bakar biodiesel.

Dan dalam rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2019, di Tanjung Kabupaten Tabalong,  Bupati Tabalong Melaunching penggunaan energi baru terbarukan bahan bakar minyak Biodiesel  B-20 untuk Armada sampah dan angkutan kota di Tabalong.

Biodiesel B20 ini terdiri dari kandungan dari minyak jelantah 20 % yang dipadukan dengan 80 % dari bahan bakar solar.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memberikan dukungan terhadap pemanfaatan minyak jelantah untuk penggunaan yang lebih bermanfaat.

Masyarakat juga teredukasi dengan bahaya penggunaan jelantah untuk makanan.

“Pengelolaan untuk jelantah dibawah naungan Dinas Lingkungan hidup dengan harapan tidak hanya memberi keuntungan dalam ekonomi warga juga menjadi upaya menjaga lingkungan,” ujarnya.

 Pengumpulan minyak jelantah diharapkan Anang bisa memanfatkan Bank Sampah sehingga bisa dilakukan secara meluas di beberapa daerah lain.

Bupati bersama ketua DPRD Tabalong Darwin Awi  juga melakukan Uji Coba Road Test mobil yang menggunakan bahan bakar Biodiesel B-20
Bupati bersama ketua DPRD Tabalong Darwin Awi juga melakukan Uji Coba Road Test mobil yang menggunakan bahan bakar Biodiesel B-20 (Dinas Kominfo Tabalong)

Dalam kesempatan itu Bupati bersama ketua DPRD Tabalong Darwin Awi  juga melakukan Uji Coba Road Test mobil yang menggunakan bahan bakar Biodiesel B-20, menurutnya tidak ada bedanya tarikan gas nya  dengan solar biasa, oleh sebab itu pihaknya mendukung untuk terus mengembangkan inovasi ini.

 “Jika pengelolaan ini dilakukan dalam skala besar daerah bisa tidak hanya bergantung dengan alami namun juga mengembangkan yang bersumber dari nabati tadi.” Ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved