HSU Mantap

Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah, Ini Tujuanya

Pembinaan pengelolaan persampahan 'menata desa, membangun banua menuju HSU bebas sampah 2025', digelar Disperkim dan LH di Gedung Agung, HSU

Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah, Ini Tujuanya
Pemkab HSU
Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Pembinaan Pengelolaan Persampahan dengan tema 'menata desa, membangun banua menuju HSU bebas sampah 2025', digelar Dinas Perumahan, Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim dan LH), Senin (24/6/2019), di Gedung Agung, HSU.

Kepala Disperkim LH Kabupaten HSU Rusnaidy,mengatakan, kegiatan ini adalan pembinaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Kalsel dalam rangka pengelolaan persampahan.

"Kegiatan ini berkaitan dengan adanya peraturan presiden mengenai kebijakan strategi nasional dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga. Perpres nomor 97 tahun 2017," ujar Rusnaidy.

Kemudian mplementasi dari regulasi ituz maka Pemerintah Provinsi dan Kabupaten menyusun kebijakan strategi daerah (jaksrada) dalam rangka pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

"Sampah menjadi permasalahan nasional, dan sampah ini merupakan kewajiban pemerintah daerah, pemerintah provinsi maupun kabupaten hingga tahap kecamatan, kelurahan, desa dalam pengelolaan sampah untuk dikurangi dan ditangani," jelasnya.

Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah
Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah (Pemkab HSU)

Sementara itu, Fungsional Widyaiswara Bidang Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, Asbiani, mengatakan, yang menjadi dasar kebijakan dasar strategi nasional dan daerah adalah pengurangan dan penanganan sampah.

"Untuk pengurangan sekitar 30 persen tahun 2025 dan untuk penanganan 70 persen," ujar Asbiani.

Untuk pengurangan sampah 30 persen target sasarannya adalah masyarakat baik itu pejabat, pegawai negeri dan masyarakat biasa untuk mengurangi sampah dalam kehidupan sehari-hari.

"Jaksrada yang telah disusun ada target-targetnya, untuk bersama sama kita kerjakan, meskipun tantangan banyak karena merubah perilaku atau kebiasaan tidak semudah membalikan telapak tangan, maka kesadaran perlu dari diri kita mencoba untuk ramah lingkungan" harapnya.

Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah
Disperkim dan LH HSU Gelar Pembinaan Pengelolaan Sampah (Pemkab HSU)

(aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved