Haji 2019

HSS dan Banjarmasin Paling Pertama Masuk Asrama Haji

Kloter pertama jemaah haji dipastikan dari Hulu Sungai Selatan dengan Banjarmasin yang akan pertama masuk asrama haji dan akan diberangkatkan

HSS dan Banjarmasin Paling Pertama Masuk Asrama Haji
HO/Protokol dan Kehumasan HSS
Cahaj HSS saat mengikuti Bimbingan Manasik Haji di Pendopo Kabupaten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kloter pertama jemaah haji dipastikan dari Hulu Sungai Selatan dengan Banjarmasin yang akan pertama masuk asrama haji dan akan diberangkatkan.

Menurut Kabid Haji Kemenag Kalsel, M Matnor, Senin (24/6/2019) menjelaskan jadwal masih disusun, dan sementara kloter yang awal adalah HSS dan Banjarmasin.

"Sementara dijadwalkan masuk asrama tanggal 8 dan berangkat tanggal 9. Tapi itu jadwal sementara karena ada ada tambahan dua kloter sehingga bisa saja jadwal berubah," kata M Matnor.

Dijelaskan dia, bahwa pola pengantaran jemaah haji maupun penjemputan jemaah haji tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Dimana pengaturan jemaah haji tak boleh lagi langsung ke asrama haji.

Baca: Hadapi Grand Final Putri Pariwisata Kalsel 2019, Dua Bulan Nurul Lakukan Persiapan

Baca: NEWSVIDEO : Kendarai Trail, Pegawai Dispersip Kalsel Kunjungi Sekolah di Gang Sempit

Baca: Terapkan PPDB Sistem Zonasi, Sekolah Favorit di Kandangan Sulit Penuhi Kouta Murid

Baca: Pembangunan TPA Baru Sudah 49 Persen, HSS Bakal Mengolah Sampah Lebih Baik

Hal ini mengatur dan membuat surat edaran terkait pemberangkatan haji ke kemenag kabupaten kota agar mana pengatar jemaah haji cukup dilepas oleh kabupaten kota, sehingga pengantar tidak lagi perlu ke asrama haji.

Jadi, kata dia, pelepasan jemaah haji, di daerah kabupaten kota, dilakukan oleh bupati dan walikota di daerahnya masing masing.

"Kemudian pihak keluarga, tidak diperkenankan mengatar jemaah sampai asramah haji. cukup mendoakan dari rumah. Karena Jemaah kabupaten diberangkatkan oleh pemerintah daerah, ke asraham haji dengan cara (rombongan)," kata dia.

Selanjutnya, persiapan teknis jemaah haji tahun 2019 ini pertama sudah disiapkan dan tengah berjalan. Pertama Pemerintah sudah melaksanakan bimbingan manasik haji kepada jemaah haji yang akan berangkat tahun ini.

Kedua, persiapan petugas. "Petugas yang mendampingi jemaah, dilaksanakan pembekalan atau pelatihan tentang pelayanan kepadajemaah," kata dia.

Baca: Chat Luna Maya dan Faisal Nasimuddin Pengusaha Asal Malaysia Kerap Jadi Sorotan, Tuliskan See You

Baca: Banjar Bakula Rambah Empat Kecamatan di Tala, Begini Penjelasan Dirut PDAM Tanahlaut

Ketiga dari segi panitia, penyelenggara embarkasi jemaah haji. "Nah terkait penyelenggara haji ini sudah di SK-kan oleh dirjen dan dikukuhkan oleh Gubernur Kalsel yang diwakili Sekda tempo lalu," kata dia

Diketahui, jumlah jamaah Kalsel sebanyak 4.155 orang ditambah 135 orang petugas haji, sehingga menjadi total 4220 orang. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved