Berita Banjarmasin

Luncurkan Media Center, Ketua Bawaslu Kalsel : Komitmen Terhadap Keterbukaan Informasi Publik

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) luncurkan Media Center Bawaslu Kalsel, Senin (24/6/2019).

Luncurkan Media Center, Ketua Bawaslu Kalsel : Komitmen Terhadap Keterbukaan Informasi Publik
banjarmasin post group/ achmad maudhody
Ketua dan para Komisioner Bawaslu Kalsel saat Peresmian Media Center Bawaslu Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebagai wujud dukungannya terhadap keterbukaan informasi publik, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) luncurkan Media Center Bawaslu Kalsel, Senin (24/6/2019).

Peluncuran dilakukan dengan prosesi penurunan kain hitam di pintu ruangan Media Center oleh para Komisioner dan Sekretaris Bawaslu Kalsel yang disaksikan pula oleh Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi.

Tak sembarangan, ternyata prosesi tersebut miliki makna tersendiri yaitu dengan diturunkannya kain hitam maka hilangnya penghalang dan menandakan semangat keterbukaan Bawaslu Provinsi Kalsel dalam memberikan informasi publik khususnya dalam peran dan tugas-tugasnya mengawasi Pemilu.

Dijelaskan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah keterbukaan informasi publik merupakan hal yang sangat penting di era saat ini, dimana selain diawasi oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) namun kinerja dan profesionalitas Bawaslu juga dapat diketahui langsung oleh publik.

Baca: Chat Luna Maya dan Faisal Nasimuddin Pengusaha Asal Malaysia Kerap Jadi Sorotan, Tuliskan See You

Baca: ACT Beri Penghargaan Legenda Voli Indonesia, Pascal Wilmar

Baca: Rencana Deddy Corbuzier Nikahi Sabrina Chairunnisa Setelah Jadi Mualaf Diungkap Kalina Octaranny

Baca: Kodim Banjarmasin Bangun Jalan ke Kuin Kecil, Begini Reaksi Gembira Warga Sambut TMMD ke-105

"Di sini nanti bisa menjadi tempat kita saling memberikan informasi, berbincang dan memberikan keterangan kepada Publik khususnya kawan-kawan media agar lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan dari Bawaslu," kata Erna.

Hal ini mendapatkan apresiasi dari Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi. Dimana menurut Helmi, Bawaslu berani lakukan terobosan dengan menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap keterbukaan informasi publik ditengah masih banyak institusi lain yang belum berani tunjukkan komitmen serupa.

"Bawaslu menjadi salah satu pionir keterbukaan informasi publik, kami harapkan ini bisa dicontoh semua institusi lainnya juga," kata Helmi.

Memiliki fasilitas penunjang cukup lengkap, Media Center Bawaslu Kalsel diprediksi akan sangat sibuk apalagi nantinya saat menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kalsel Tahun 2020.

Namun tak hanya dari sisi fisik saja, Bawaslu Provinsi Kalsel juga sudah siapkan berbagai langkah untuk mempermudah akses informasi publik dengan menyiapkan juru bicara.

Dengan adanya juru bicara, maka masyarakat dan khususnya para awak media bisa lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan sekalipun Komisioner tak berada di Kantor Bawaslu saat menjalankan tugas pengawasan.

Baca: Revisi Tata Ruang dan Optimalkan Potensi Daerah, Pemkab Balangan MoU dengan Universitas Brawijaya

Baca: Satu Minggu Ungkap Puluhan Kasus Narkoba, Ditnarkoba Polda Kalsel Sita 132 Gram Sabu

Selain Ketua Bawaslu, Erna Kasypiah pada prosesi peluncuran yang dibuka dengan tarian khas daerah dan kesenian musik daerah, keempat Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel lainnya yaitu Iwan Setiawan, Azhar Ridhanie, Nur Kholis Majid dan Aris Mardiono juga ikut serta.

Proses peluncuran juga disaksikan para Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel dan tentunya para awak media. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved