Suka Duka Relawan Pengacara

Pengacara ini Dampingi Seribu Lebih Perkara Pidana Warga Tidak Mampu, Meski Tanpa Dibayar

Akbar justru tak pernah sepersen memungut biaya pada setiap bantuan hukum seluruh kasus tindak pidana yang didampinginya.

Pengacara ini Dampingi Seribu Lebih Perkara Pidana Warga Tidak Mampu, Meski Tanpa Dibayar
Banjarmasinpost.co.id/Dari Akbar untuk BPost
Akbar saat memberikan bantuan hukum gratis kepada terdakwa tindak pidana penistaan agama beberapa waktu lalu di Pengadilan Negeri Banjarmasin Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendapat bayaran, pendidikan tinggi dan berstatus sosial terpandang adalah hal-hal yang melekat pada imej pengacara.

Namun bagi pria satu ini justru berbeda. Pasalnya, meski kerap terlihat di ruang sidang pengadilan negeri Banjarmasin dalam mendampingi proses hukum terdakwa.

Akbar justru tak pernah sepersen memungut biaya pada setiap bantuan hukum seluruh kasus tindak pidana yang didampinginya.

Dari terdakwa pembunuhan, penganiayaan, hingga narkoba, ia dampingi dengan sungguh-sungguh selama persidangan meskipun cuma-cuma.

Baca: Daya Tampung Cuma 3.076 Mahasiswa, 15.467 Pendaftar Harus Ikhlas Gagal Masuk ULM

Baca: Imbas Kalah Dari Kalteng Putra, Yunan Gantikan Posisi Jacksen

Baca: Pria Misterius Berjubah Hitam Hadiri Sidang Kriss Hatta yang Berkait Hilda Vitria & Billy Syahputra

Baca: Persaingan Masuk Prodi Farmasi Paling Ketat, 18.543 Orang Berebut 3.076 Kursi ULM

Kepada Banjarmasinpost.co.id, ia pun mengaku bahkan saking banyaknya jumlah kasus tindak pidana telah ia berikan bantuan hukum cuma-cuma, Akbar pun nyaris terlupa.

Berkiprah sejak tahun 2010 lalu di Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Lambung Mangkurat, rupanya dari kebiasaan itulah yang membuatnya setia dengan saat ini.

" Saya mulai memberikan bantuan hukum ke ruang persidangan, sejak 2015 lalu setelah mendapat izin praktek. Jadi kalau melihat tumpukan surat tuntutan jaksa, ya bisa sampai seribuan lebih kali ya, karena dari 2015 sampai sekarang," ujarnya.

Baca: Teror Ivan Gunawan Jelang Penikahan Syamsir Alam dan Bunga Jelitha Terungkap, Eks Timnas Ngaku Ngeri

Alasannya pun tidak berbelit-belit. Akbar mengaku hal itu ia lakukan hanya ingin membantu setiap orang meskipun seorang terdakwa sekalipun.

" Karena walaupun dia bersalah (terdakwa, red) mereka tetap berhak mendapatkan pendampingan hukum di persidangan," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved