Lifestyle

Dari Anak Tukang Becak, Ariffin Hasilkan Ribuan Tangan Terampil Yang Mandiri

Dari semula 85 orang yang dibina, kini Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin selama hampir sepuluh tahun ini telah membina 2.380 orang

Dari Anak Tukang Becak, Ariffin Hasilkan Ribuan Tangan Terampil Yang Mandiri
Istimewa
M Arfin bersama Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin selama hampir sepuluh tahun ini telah membina 2.380 orang 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak banyak orang yang mau berkecimpung di dunia sosial. Sedikit di antaranya adalah pemuda satu ini. Ia rela mencurahkan waktu, tenaga dan biaya untuk kemajuan orang lain. Namun dengan keikhlasannya itu, banyak manfaat dan berkah yang ia dapat.

Delapan tahun lalu, saat usianya baru 24 tahun, Muhammad Arifin sudah tergerak untuk membantu sesama terutama kalangan tidak mampu.

Sebab ia sendiri bukan dari keluarga nyaman.Ayahnya penarik becak dan ibunya pengupas bawang yang penghasilan mereka hanya habis untuk makan sehari.

Arifin tulus ikhlas dalam memberdayakan masyarakat sekitar.

Ia buka lapangan kerja dari usaha kecil-kecilan hingga berkembang menjadi sebuah Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin yang menaungi usaha terdiri bengkel las, produk kerajinan, kesenian dan tata rias.

Baca: Bermodal Puisi Karya Sendiri, Atlit Futsal Ini Berhasil Menjadi Nanang Banjar 2019

Baca: Mardani H Maming Sebut Di Era Presiden Jokowi, Sektor Pelabuhan Alami Kemajuan

Baca: NEWS VIDEO : Bubur Banjar, Kuliner Khas Yang Tetap Eksis

Baca: BPOM HSU Dapati Kandungan Rhodamin B Saat Ambil Sampel Bahan Makanan dari Pedagang di Pasar Ini

Kini di usianya 32 tahun, ia sudah banyak menghasilkan tangan terampil yang mampu mandiri.

Dari semula 85 orang yang dibina, kini Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin selama hampir sepuluh tahun ini telah membina 2.380 orang.

Sudah banyak binaan yang mampu mandiri dan berkecimpung di aneka bisnis antara lain kuliner, kerajinan, perbengkelan, otomotif dan lainnya.

“Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat kian bagus. Banyak yang datang tidak semata karena bisnis tapi ingin belajar. Pastinya kami memberikan fasilitas tanpa harus bayar alias gratis, unit-unit usaha ini untuk masyarakat belajar, tanpa memikirkan biaya. Bagi yang sudah punya karya, produknya bisa kami beli,” ujar Arifin, seraya mengatakan, awal bulan depan insya Allah yayasan akan pindah ke showroom baru di Jl Perdagangan samping Kelurahan Pangeran, Banjarmasin Utara.

M Arifin bersama yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin selama hampir sepuluh tahun ini telah membina 2.380 orang
M Arifin bersama yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin selama hampir sepuluh tahun ini telah membina 2.380 orang (istimewa)

Selain sibuk di yayasan, Arifin juga punya pekerjaan lain sebagai mentor mahasiswa yang alih jenjang ke S1. Ia diperbantukan oleh dua kampus, yaknik Politeknik dan Universitas Muhammadiyah Malang yang bekerjasama untuk memfasilitasi mahasiswa D3 alih jenjang ke S1.

Baca: Selamat Jalan Daeng, Penjual Koran di Banjarbaru Ini Akhirnya Tutup Usia, Setelah Alami Kecelakaan

Baca: Hadapi Grand Final Putri Pariwisata Kalsel 2019, Dua Bulan Nurul Lakukan Persiapan

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved