Berita Tapin

Disiapkan 3000 Bidang Sertifikat Lahan Pertanian di Kabupaten Tapin, Biayanya Nol Rupiah

Kantor Pertanahan Tapin meminta bantuan Pemkab Tapin untuk percepatan program redistribusi sertifikasi lahan pertanian warga di Bumi Ruhui Rahayu

Disiapkan 3000 Bidang Sertifikat Lahan Pertanian di Kabupaten Tapin, Biayanya Nol Rupiah
Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid
Syamsu Wijana, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kabar baik bagi petani perorangan yang memiliki lahan pertanian ataupun perkebunan di wilayah Kabupaten Tapin.  

Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin meminta bantuan Pemerintah Kabupaten Tapin untuk percepatan program redistribusi sertifikasi lahan pertanian warga di Bumi Ruhui Rahayu. 

Itu terungkap dalam rapat di ruang Aula Kabinet Kantor Bupati Tapin, Jalan Brigjend Hasan Basri, Kelurahan Rantau Kiwa, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Senin (24/6/2019).

Rapat yang dipimpin Bupati Tapin HM Arifin Arpan itu melibatkan sejumlah Kepala Organiasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapin

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin menargetkan redistribusi sertifikasi lahan pertanian itu tuntas sebelum September ini sebanyak 3000 bidang.

Baca: NEWS VIDEO : Bubur Banjar, Kuliner Khas Yang Tetap Eksis

Baca: Lewati Gang Sempit, Trail Pustaka Dispusip Kalsel Sambangi SDN Inti Surgi Mufti 4

Baca: BPOM HSU Dapati Kandungan Rhodamin B Saat Ambil Sampel Bahan Makanan dari Pedagang di Pasar Ini

Baca: Mimpi Ibas pada Sosok Ibundanya Ani Yudhoyono Hingga Beri Pesan Untuk Putra Kedua SBY

Bupati Tapin HM Arifin Arpan sangat anstusia menyambut rencana Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin yang ingin menjalin kerjasama untuk menyukseskan program nasional yang digulirkan Pemerintah Pusat tersebut.

"Saya meminta para Camat agar melakukan penyuluhan tentang rencana dari Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin tersebut," harapnya.

Kemudian, Agustus ini, Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin juga mentarget seluruh aset lahan milik Pemerintah Kabupaten Tapin sudah memiliki sertifikat lahan. 

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin, Syamsu Wijana dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id seusai rapat bersama Bupati Tapin HM Arifin Arpan membenarkan.

Menurutnya, dalam waktu dekat ini akan ada perjanjian kerjasama antara Kantor Pertanahan Kabupaten Tapin dengan Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan percepatan redistribusi sertifikasi lahan pertanian dan sertifikat aset Pemerintah Kabupaten Tapin

"September ini, Bupati Tapin HM Arifin Arpan yang berkenan menyerahkan sertifikat tanah redistribusi itu kepada para petani," katanya. 

Baca: IHSG Ditutup Terkoreksi 26 Poin, Dampak Penurunan Impor yang Lebih Tinggi Dari Ekspor

Baca: HSS dan Banjarmasin Paling Pertama Masuk Asrama Haji

Baca: Ismu Ajak Kerjasama Telkomsel - Banjarmasin Post Bersinergi Bangun Kalsel

Syamsu Wijana menjelaskan pembuatan redistribusi sertifikasi lahan pertanian sebanyak 3000 bidang itu nol rupiah.

Rencananya, pemerintah Kabupaten Tapin yang akan menyiapkan pendanaan untuk pengadaan materai dan kelengkapan lainnya.

"Saat ini, sudah 18 persen melakukan rediatribusi lahan pertanian ini. Sedangkan PTSL di Kabupaten Tapin sudah 100 persen tuntas. 

Makanya kami menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapin, paling cepat pekan depan perjanjian kerjasama ditandatangani," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid) 

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved