Berita HSU

Museum Masuk Sekolah, Pelajar SMAN 1 Sungai Pandan Antusias Lihat Koleksi Benda Bersejarah

Selain itu juga ada yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan juga tayangan dari video yang diputarkan di acara Museum Masuk Sekolah.

Museum Masuk Sekolah, Pelajar SMAN 1 Sungai Pandan Antusias Lihat Koleksi Benda Bersejarah
HO/Disdikbud Kalsel
Sejumlah murid SMAN 1 Sungai Pandan antusias melihat mesin tik yang merupakan Museum Wasaka 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Puluhan murid.SMAN 1 Sungai Pandan, Alabio, Hulu Sungai Utara (HSU), nampak sangat antusias melihat beberapa koleksi museum Wasaka yang diboyong ke sekolah mereka, Selasa (25/6/2019).

Momen langka ini didapatkan murid SMAN 1 Sungai Pandan karena sekolah ini menjadi sasaran program Museum Masuk Sekolah yang digelar Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel.

Dalam kegiatan ini ada sekitar sembilan buah koleksi Museum Wasaka yang dibawa, seperti beberapa jenis senjata, Sertifikat pejuang dengan tandatangan asli Hassan Basry, Cap Organisasi Musyawaratut Thalibin dan mesin tik.

Selain itu juga ada yang ditampilkan dalam bentuk gambar dan juga tayangan dari video yang diputarkan di acara Museum Masuk Sekolah.

Tak hanya itu, peserta juga diberikan sosialisasi terkait Museum Wasaka serta materi terkait sejarah perjuangan ALRI Divisi IV dan latar belakangnya yang disampaikan Guru SMAN 1 Paringin Dharma Setyawan.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi bagi kami generasi muda untuk lebih kenal tentang sejarah khususnya benda-benda yang berada di Museum Wasaka," ujar murid kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Sungai Pandan, Miftahul Janah.

Baca: Zainab Sempat Berdebat dengan Istri Teroris, 30 Terduga Teroris di Kalteng Dipindah ke Mabes Polri

Menurutnya, banyak manfaat positif yang bisa didapatkan, termasuk bagaimana cara mereka selaku generasi muda untuk lebih menghargai sejarah benda-benda bersejarah dan lainnya.

Respon positif juga disampaikan Kepala SMAN 1 Sungai Pandan, H Midehan Nabhani. Menurutnya program ini sangat bagus karena mengenalkan Museum Wasaka yang ada di Banjarmasin.

"Jarang ada siswa kita atau anak-anak yang berada di hulu sungai ini yang mau berkunjung ke sana, mungkin karena belum populernya atau belum mengetahui seperti apa museum yang ada," katanya.

Dengan adanya Museum Masuk Sekolah maka bisa memperkenalkan kepada siswa itu museum dan bagaimana sejarahnya.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved