Berita Banjarmasin

Ini Daftar Peserta Lolos Seleksi Gita Bahana Nusantara Kalsel 2019, Wakili Kalsel ke Istana Negara

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan (Kalsel) kemarin Selasa (25/6/2019) menggelar seleksi Gita Bahana Nusantara 2019.

Ini Daftar Peserta Lolos Seleksi Gita Bahana Nusantara Kalsel 2019, Wakili Kalsel ke Istana Negara
banjarmasinpost.co.id/frans rumbon
Peserta seleksi Gita Bahana Nusantara se Kalsel 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Selatan (Kalsel) kemarin Selasa (25/6/2019) menggelar seleksi Gita Bahana Nusantara 2019.

Empat dari total 26 peserta audisi yang dilaksanakan di Hotel Nasa Banjarmasin ini pun dinyatakan lolos dan akan mewakili Kalsel ke tingkat nasional.

Dan empat peserta yang dinyatakan lolos tersebut, masing-masing adalah Marshanda Aprilya (sopran), Ana Saidatunnisa (alto), Abel Yandi Novrain (tenor), dan Ahmad Syauki (bass).

"Peserta seleksi merupakan perwakilan dari kabupaten dan kota yang ada di Kalsel. Dan masing-masing daerah diwakili oleh empat orang dengan suara sopran, alto, tenor dan juga bass," kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel, Ahmad Subakti.

Baca: Penyanyi Lagu Mandarin, Devy Yang Senang Jadi Juri Lomba Nyanyi di Banjarmasin

Baca: Lia Callia Hari Ini Perkenalkan Lagu Terbarunya Berupa Lagu Banjar

Ahmad Subakti pun menambahkan bahwa empat peserta yang dinyatakan lolos ini akan mewakili Kalsel ke Istana Negara.

"Empat orang terpilih akan mewakili Kalsel, untuk mengikuti paduan suara pada 17 Agustusan mendatang di Istana Negara," jelasnya.

Proses audisi sendiri dilakukan beberapa tahap, masing-masing peserta diminta menyanyikan satu dari 10 lagu yang disediakan.

Kemudian juga masing-masing peserta dites ketinggian suara vokalnya (ambitus), serta kemampuannya membaca partitur (primavista) yang dipilih oleh dewan juri.

"Primavista inilah yang kadang ditakuti peserta, karena mereka juga dituntut harus bia menyanyikan potongan melodi baik itu not balok dan maupun angka. Selain itu kami lihat performanya saat menyanyi," kata Kasubdit Pertunjukan Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Edi Irawan yang turut hadir saat itu.

Baca: Galuh Intan Dan Desainer Ini Cantik Alami dengan Makeup Natural

Baca: Dewan Harap Tak Ada Masyarakat Kalsel Ikut Aksi di Jakarta Jelang Pembacaan Keputusan MK

Edi Irawan pun menerangkan bahwa Kalsel merupakan provinsi ke 17 yang melakukan seleksi untuk Gita Bahana 2019 ini.

"Ini yang ke 17. Dan nanti akan dipilih dua perempuan untuk suara sopran dan alto, kemudian dua pria untuk tenor dan bass. Nantinya akan ikut menyanyi pada upacara detik-detik kemerdekaan di Istana Negara," pungkasnya.(banjarmasinpost.co.id/Frans Rumbon)

Penulis: Frans
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved