Berita Banjarmasin

Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Koordinasi Dilkumjakpol, Ini Tujuannya

Dalam sambutannya Ferdinand menyampaikan rasa terima kasih terhadap seluruh jajaran yang dapat hadir dalam rapat koordinasi ini.

Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Koordinasi Dilkumjakpol, Ini Tujuannya
HO/Humas Kemenkumham Kalsel.
Para peserta rapat dilkumjakpol di Kantor Kemenkumham Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIM - Dalam rangka melakukan penguatan koordinasi dengan instansi terkait, Kanwil Kemenkumham Kalsel melakukan Rapat Koordinasi yang melibatkan unsur Kanwil Kemenkumham Kalimantan Selatan, Pengadilan Tinggi, Kejaksaan Tinggi, dan Kepolisian Daerah, plus Komando Resor Militer, Badan Narkotika Nasional Provinsi, serta Biro Hukum Pemerintah Provinsi (DILKUMJAKPOL PLUS) di Wilayah Kalimantan Selatan, Rabu (26/6/2019)

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah, Ferdinand Siagian. Dalam sambutannya Ferdinand menyampaikan rasa terima kasih terhadap seluruh jajaran yang dapat hadir dalam rapat koordinasi ini.

“Dengan kehadiran bapak/ibu pada kesempatan kali ini kiranya dapat memotivasi kita bersama dalam upaya sinkronisasi ketatalaksanaan sistem peradilan pidana dalam mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan dan berkesinambungan dengan mengedepankan perlindungan Hak Asasi Manusia”, ungkapnya.

“Pada tahun 2018 Rakor DILKUMJAKPOL Wilayah telah dilaksanakan namun implementasi di lapangan masih terdapat kendala, untuk itu kami berupaya melaksanakan kegiatan dan forum ini sebagai wadah evaluasi terhadap kendala yang masih ada di lapangan”, tambahnya.

Baca: Ini Daftar Peserta Lolos Seleksi Gita Bahana Nusantara Kalsel 2019, Wakili Kalsel ke Istana Negara

Baca: Lia Callia Hari Ini Perkenalkan Lagu Terbarunya Berupa Lagu Banjar

Setelah sambutan dari Kakanwil, acara dilanjutkan dengan sambutan dan pembekalam materi. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin yang diwakili oleh Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Abdul Siboro, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel, yang diwakili oleh Kasie Narkotika Kejati Kalsel, Eko Tjahyono, Kepolisian Daerah Kalsel, yang diwakili Dirlantas Polda Kalsel, Kombespol Muji Ediyanto , dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Ferdinand Siagian.

Tujuan rapat koordinasi Forum DILKUMJAKPOL, antara lain, untuk menjalin silaturahmi antar aparat penegak hukum dan instansi lain yang terkait yang hadir dalam kegiatan ini, mewujudkan persamaan persepsi antara penegak hukum dalam ketatalaksanaan sistem peradilan pidana, mewujudkan harmonisasi dan sinkronisasi dalam upaya penegakan hukum dan hak asasi manusia, memenuhi rasa keadilan masyarakat dalam penegakan hukum dan hak asasi manusia, serta menghindari penyalahgunaan wewenang dalam proses penegakan hukum.

Melalui DILKUMJAKPOL PLUS kali ini, diharapkan pula terwujudnya Kondisi masyarakat yang aman, tertib dan tertanganinya segala gejala dan kejadian yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hukum dengan baik, efektif dan tidak menimbulkan keresahan di masyarakat, dengan dukungan dari TNI dan Biro Hukum Pemerintah Provinsi, dan juga diharapkan sampai ke Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved