Penerimaan Mahasiswa Baru

UIN Antasari Akan Menerima 2.500-3.000 Mahasiswa dari Tiga Jalur Seleksi

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah ditutup kemarin, 24 Juni 2019 pukul 23.00 Wita.

UIN Antasari Akan Menerima 2.500-3.000 Mahasiswa dari Tiga Jalur Seleksi
BPost Cetak
BPost edisi cetak Rabu (26/6/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 telah ditutup kemarin, 24 Juni 2019 pukul 23.00 Wita.

Di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), data final pendaftar sebanyak 18.842 orang, sementara daya tampung hanya 3.076 kursi.

“Ya sudah closing tadi malam (kemarin, Red),” ucap Ketua Panitia Lokal LTMPT Kalsel Aminuddin Prahatama Putra, Selasa (25/6).

Bila ULM menyediakan jatah 3.076 kursi, tahun ini Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin akan menerima sebanyak 2.500 sampai 3.000 mahasiswa.

Seleksi dilakukan dari tiga jalur, yakni jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan jalur mandiri.

“Insya Allah, UIN Antasari akan menerima sebanyak 2.500 sampai 3.000 mahasiswa dari tiga jalur seleksi yakni UM PTKIN, SPAN-PTKIN dan jalur mandiri,” kata Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UIN Anta­sari, Masri Sag.

Baca: Balasan Menohok Gisella Anastasia ke Netizen yang Nyinyir, Eks Gading Marten Sebut Soal Cepat Mati

Baca: Bukan Reino Barack, Sosok Pria Kesayangan Syahrini Muncul di Benak Ibunda Incess Tiap Bubu Datang

Baca: Sakit Hati Ashanty Gara-gara Ulah 6 ART Anang Hermansyah, Prank Itu Bikin Ibu Sambung Aurel Nangis

Baca: Karena Ayu Ting Ting, Istri Eko Patrio Dikomentari Sinis di Unggahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Menurut Masri, untuk jalur SPAN-PTKIN atau di perguruan tinggi negeri (PTN) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau biasa disingkat SNMPTN tersebut telah ada 820 calon mahasiswa yang mendaftar ulang.

“Nah, untuk jalur UM PTKIN atau di PTN disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat (SBMPTN) telah ada peserta tes pada 24 Mei lalu sebanyak 2.343 calon mahasiwa,” katanya.

Dijelaskannya, untuk pengumuman kelulusan pada 1 Juli 2019 dan daftar ulangnya pada 16 sampai 19 Juli mendatang.

Untuk jalur mandiri atau jalur terakhir akan dilaksanakan pendaftarannya pada 20 Juni sampai 3 Juli 2019.

“Untuk soal UM PTKIN, SPAN-PTKIN dengan seleksi mahasiswa jalur mandiri itu berbeda. Dengan seleksi jalur mandiri UIN punya hak perogratif membuat soal sendiri, menentukan kelulusan sendiri serta prosedur-prosedurnya,” tegas Masri.

Ditambahkan Masri, UIN Antasari akan melaksanakan penerimaan seleksi mahasiswa jalur mandiri secara online.

Saat ini mulai jalan tahap pendaftaran dan pada 9 Juli akan dilaksanakan ujian tertulisnya.

Ditambahkannya, untuk UM PTKIN telah dilakukan tes wawancara dan nantinya ada tes pemeriksaaan kesehatan juga tes Narkoba. Tes Narkoba digelar sebelum dilakukan daftar ulang.

Dipaparkannya, untuk UM PTKIN dan SPAN-PTKIN sudah selesai dilaksanakan dan tinggal daftar ulang. Untuk rapat pengumuman kelulusan mahasiswan akan digelar pada 17 sampai 28 Juni 2018 mendatang dan 1 Juli pengumuman kelulusan jalur UM PTKIN.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved