Berita Regional

Update Kondisi Kesehatan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ini Penjelasan Dokter yang Rawat Risma

Update Kondisi Kesehatan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ini Penjelasan Dokter yang Rawat Risma

Editor: Rendy Nicko
TribunJatim.com
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini usai mengambil sumpah Aparatur Sipil negara (ASN) yang diangkat dari pegawai K2 di Gedung Sawunggaling, Jalan Jimerto Surabaya, Senin (25/6/2018). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Update Kondisi Terkini kesehatan Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Ini Penjelasan Resmi Dokter yang Rawat Risma

Walikota Surabaya Tri Rismaharini ( Risma ) saat ini mendapat penanganan khusus setelah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Dr. Soetomo, Surabaya, Jawa Timur sejak Selasa (25/6/2019) malam.

Dari pemeriksaan, hasil diagnosis dokter seperti disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Walikota Surabaya Tri Rismaharini ( Risma ) menderita sakit maag dan asma.

Apakah kondisi Walikota Tri Rismaharini ( Risma ) hingga harus dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) RSUD Dr. Soetomo?

Baca: Momen Pelukan Naomi Zaskia ke Sule Saat Pisah di Bali, Rizky Febian Tak Terlihat

Baca: Tangis Vanessa Angel Pasca Vonis 5 bulan Penjara di Kasus Prostitusi Online Artis, Langsung Bebas?

Baca: Kenangan Jusuf Kalla ke Istri SBY, Ani Yudhoyono, Momen Tawa Ayah AHY & Ibas Yudhoyono di Cikeas

Baca: Bukan Tentang Andhika Pratama, Sindiran Ussy Sulistiawaty Soal Mantan Buka Aib Disorot, Galih?

Kepala Humas RSUD Dr Soetomo dr Pesta Parulian mengatakan, serangan asma yang dialami wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu memiliki gradasi.

Namun, dalam penanganannya, sejak dirawat di RSUD Dr. M. Soewandhie dan koni dirujuk ke RSUD Dr Soetomo, kondisi Risma saat ini lebih baik dan lebih stabil.

"Artinya tidak segawat atau seberat saat (dirawat) di rumah sakit Soewandhie," kata Pesta saat jumpa pers di Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Rabu (26/6/2019).

Ia mengaku masih perlu mendalami hal apa saja yang terjadi pada Risma sehingga memerlukan perawatan super intensif di rumah sakit rujukan terbesar di Jawa Timur tersebut.

Pangeran William undang Risma ke Inggris
Pangeran William undang Risma ke Inggris (kontan/ant)

Ditangani 15 dokter spesialis

Untuk bisa mengetahui hal apa saja yang dialami Risma, RSUD Dr Soetomo sudah menerjunkan sekitar 15 dokter spesialis yang akan menangani kondisi kesehatan Risma.

Pesta menjelaskan belasan dokter tersebut terdiri dari dokter anestesi, dokter paru-paru untuk memeriksa penyakit asma Risma, dokter penyakit dalam, dan dokter mikrobiologi untuk menilai nilai-nilai laboratorium yang sedang diperiksa.

Lalu ada pula dokter jantung yang mengawal performa detak jantung Risma, dokter radiologi untuk mengevaluasi gambaran-gambaran pemeriksaan diagnostik yang dilakukan dengan rontgen, dan dokter patologi klinik.

"Jadi kita sangat perlu untuk memonitor di rumah sakit yang artinya menjadi rujukan tertinggi di provinsi ini. Di mana ada banyak konsultan yang bisa memberikan pendapat-pendapat untuk hal-hal apa saja yang perlu dilakukan," tutur dia.

Wali Kota Tri Rismaharini tengah tidur di ruang tunggu penumpang Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (2/2/2017).
Wali Kota Tri Rismaharini tengah tidur di ruang tunggu penumpang Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (2/2/2017). (instagram)

Pihak RS batasi jam bezuk Risma

Soal kondisi Risma sendiri, Pesta menyebut Politisi PDI-P itu masih harus diistirahatkan dengan total. Dokter juga membatasi komunikasi Risma, demi ketenangan dirinya.

"Sementara ibu kita istirahatkan dulu. Kita jauhkan dari komunikasi, supaya ibu istirahat dengan tenang," kata dia.

Selain itu, pihak rumah sakit dr Soetomo, kata Pesta, juga akan membatasi kunjungan karena Risma memang sedang dirawat secara intensif.

"Kami mohon kepada seluruh warga Kota Surabaya untuk turut mendoakan ibu ( Risma), meskipun belum bisa secara langsung melihat atau menjenguk ibu, karena ini demi kesehatan ibu juga," imbuh dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Separah Apa Kondisi Risma hingga Harus Masuk ICU? Ini Penjelasan RSUD Dr Soetomo"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved