SERAMBI MEKKAH

Bupati Banjar Guru Khalil Ingatkan Lurah Jangan Salahgunakan Dana Kelurahan

Bupati Banjar, H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar di lantai dasar Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (27/6).

Bupati Banjar Guru Khalil Ingatkan Lurah Jangan Salahgunakan Dana Kelurahan
HO/Kominfo Banjar
Bupati Banjar, H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar di lantai dasar Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (27/6/2019) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURABupati Banjar, H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar di lantai dasar Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (27/6) pagi.

Pada sambutannya Bupati Banjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Banjar yang telah mengadakan rapat koordinasi Lurah tersebut.

Rakor tersebut dilaksanakan dengan agenda Sosialisasi Peraturan Bupati No 32 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Peraturan ini sebagai tindak lanjut dari Permandagri No 103 Tahun 2018 tentang kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasaran Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan.

“Saya berharap setelah perbup ini ditertibkan, agar dapat dijadikan pedoman bagi pemerintahan kelurahan untuk dapat melaksanakan program yang sudah di rencanakan,” kata Bupati Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar, Kamis (27/6/2019)
Bupati Banjar H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar, Kamis (27/6/2019) (HO/Kominfo Banjar)

Khalilurrahman menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat yang telah merealisasikan anggaran untuk dana kelurahan. Kebijakan ini tentu menjadi upaya langkah strategis, untuk meningkatkan pelayanan terhadap warga masyarakat, terutama dalam percepatan pembangunan, dan hadirnya pembangunan yang merata dari mulai kota hingga pelosok pedesaan.

Hadirnya dana kelurahan disesuaikan dengan kategori pembagian sebagaimana peraturan kementerian keuangan No 187/PMK.07/2018 tentang Tata Cara Penyaluran Dana Alokasi Umum Tambahan Tahun Anggaran 2019, yang mana posisi kelurahan di Kabupaten Banjar terbagi tiga kategori yaitu, baik, perlu ditingkatkan, sangat perlu ditingkatkan.

“Kelurahan yang termasuk kategori perlu ditingkatkan akan diberikan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan sebesar kurang lebih kurang lebih Rp 371 juta perkelurahan, ditambah dari APBD sebesar dana desa terendah di Kabupaten Banjar yaitu kurang lebih Rp 700 juta, sehingga bila dijumlahkan setiap kelurahan di Kabupaten Banjar akan mendapat kurang lebih Rp1 miliar rupiah,” ucap pria yang akrab disapa Guru Khalil itu.

Guru Khalil pun berpesan dengan lurah agar Dana Kelurah tersebut dapat dimanfaatkan dengan bijak sesuai kebutuhan masyarakat dan petunjuk pelaksanaan serta petunjuk teknis dengan peruntukan kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar di lantai dasar Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (27/6/2019) pagi.
Bupati Banjar, H Khalilurrahman membuka secara resmi Rakor Lurah Se Kabupaten Banjar di lantai dasar Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (27/6/2019) pagi. (HO/Kominfo Banjar)

“Dana kelurahan jangan disalahgunakan, jangan sampai keluar dari juklak dan juknis, dan saya minta dalam perencanaan dan pelaksanaan Dana Keluarahan, Lurah dan Jajaran harus melibatkan kelompok masyarakat setempat, supaya kita juga bisa menggerakkan perekonomian warga masyarakat,” pesannya.

Pada acara rakor tersebut Bupati Banjar didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik, dan Hukum, Asisten I Pemerintahan dan Kesra, sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemkab Banjar serta para Camat dan Lurah se-Kabupaten Banjar. (*/AOL)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved