Berita HST

Dinas Perdagangan HST Gelar Pelatihan Pengembangan IKM di Barabai, Jumlah yang Dilatih Sudah Segini

Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar pelatihan kewirausahaan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di HST.

Dinas Perdagangan HST Gelar Pelatihan Pengembangan IKM di Barabai, Jumlah yang Dilatih Sudah Segini
Banjarmasinpost.co.id/Aprianto
Ilustrasi - Bimbingan Teknis (Bimtek) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Komponen Kapal digelar di Hulu Sungai Selatan (HSS) oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Untuk meningkatkan perekonomian di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah menggelar pelatihan kewirausahaan kepada Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Pelatihan digelar sejak 26 Juni hingga Kamis (27/6/2019).

Pelatihan ini merupakan pelatihan kedua selama tahun 2019 oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pada Mei lalu, Dinas Perdagangan juga menggelar pelatihan serupa kepada 25 pelaku IKM. Kali ini, ada 44 IKM yang dilatih.

Sehingga totalnya pada 2019 ini mencapai 69.

Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan perekonomian warga di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Terlebih, di Kabupaten Hulu Sungai Tengah usaha terbesar masih di sektor pertanian.

Baca: Hanya 8 SMP Ikuti Gala Siswa SMP 2019 se Kabupaten Tapin di Lapangan Dwi Dharma Rantau

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Ali Fahmi, mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menolak pertambangan dan perkebunan sawit.

Menurutnya, dengan pengembangan kewirausahaan, perekonomian di Hulu Sungai Tengah akan terus berjalan.

Apalagi, dengan adanya pelatihan pengembangan kewirausahaan, beber Fahmi, IKM di Hulu Sungai Tengah dapat berkembang dalam skala besar.

"Bagaimana caranya? IKM harus bisa membaca peluang pasar dan mengikuti perkembangan dalam hal promosi secara langsung maupun memanfaatkan teknologi melalui media sosial," katanya.

Dijelaskannya pelatihan ini diikuti oleh 44 IKM yang terdiri dari pelaku usaha kuliner, kios, pengrajin, dan herbal instan.

Baca: Dishub Kalsel Gelar Tes Calon Supir dan Navigator Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula

“Program ini bertujuan untuk untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku usaha. Ini juga sebagai pemecahan masalah dari banyaknya tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha. Terlebih dalam memulai usaha," bebernya.

Dia menjelaskan, melalui pelatihan tersebut IKM bisa mendapat pengetahuan tentang tata kelola administrasi dalam managemen.

Di Hulu Sungai Tengah tercatat ada 3.334 IKM. Rinciannya, Kecamatan Limpasu 269, Batang Alai Utara 336, Batang Alai Timur 148, Pandawan 758, Hantakan 154, Batang Alai Selatan 445, Haruyan 384, dan Barabai 830. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved