Berita Kabupaten Banjar

Kantor Perumahan PT GKL Kertak Hanyar dan 2 Rumah Roboh, Sejumlah Pekerja Bangunan Terluka

Kejadian itu membuat kaget beberapa pekerja maupun warga yang tinggal di perumahan tersebut. Padahal kalau dilihat dari fisik bangunan tampak kokoh.

Kantor Perumahan PT GKL Kertak Hanyar dan 2 Rumah Roboh, Sejumlah Pekerja Bangunan Terluka
banjarmasinpost.co.id/jumadi
Rumah dan kantor perumahan Graha Karunia Lestari (GKL), dan dua rumah di sampingnya, Jalan Tatah Amuntai, Desa Pasar Kamis RT03/RW01, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar roboh, Rabu (27/6/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KERTAK HANYAR - Sebuah Kantor Perumahan (developer) Graha Karunia Lestari (GKL) 3, di Jalan Tatah Amuntai, Desa Pasar Kamis RT03/RW01, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar roboh, Rabu (26/6/2019) siang sekitar pukul 14.30 Wita.

Kejadian itu membuat beberapa tukang yang sedang bekerja mengalami luka-luka. Sementara satu rumah di sampingnya juga mengalami hal yang sama. Robohnya kantor perumahan ini juga menimpa dua rumah di sebelahnya.

Kejadian itu membuat kaget beberapa pekerja maupun warga yang tinggal di perumahan tersebut. Padahal kalau dilihat dari fisik bangunan tampak sangat kokoh.

Insiden ini membuat petugas dari Polsek Kertak Hanyar, maupun dari Koramil Kertak Hanyar mendatanggi ke lokasi kejadian.

Terkait robohnya dua bangunan itu, Kapolsek Kertak Hanyar, Prastya WS, melalui Kanit Reskrimnya, Ipda Cahyo Sogiono yang dikonfirmasi, Rabu (26/6/2019) malam mengatakan, sejak Rabu pagi, beberapa pekerja sedang memperbaiki salah satu rumah, yang dijadikan sebagai Kantor Pemasaran GKL.

Baca: Polwan Polair Polda Kalsel Dijambret di Jembatan RK Ilir, Berhasil Pertahankan Tas Meski Terjatuh

Sebab, ungkap Kanit Reskrim, kondisi kantor yang diperbaiki miring dan lantainya ambles. Namun entah kenapa, tiba-tiba terdengar suara gemeretak pada kantor yang diperbaiki.

Tak lama setelah itu kantor langsung roboh dan mengenai dua rumah milik warga di sampingnya. Diakui Kanit Reskrim, dalam kejadian itu beberapa pekerja mengalami luka-luka dan mereka sempat dibawa ke RSUD Ulin Banjarmasin."Rumah hang mengalami kerusakan berat ada tiga buah,"terangnya.

Namun setelah diberikan pertolongan, mereka diperbolehkan pulang."Penghuni rumah gang roboh juga ada hang terluka. Tetapi tidak terlalu parah,"terangnya.

Sumber di lapangan menyebutkan, Rabu (beberapa jam sebelum kejadian), sekitar pukul 11.00 Wita tukang yang bekerja di perumahan itu melakukan perbaikan kantor pemasaran yang dalam kondisi miring.

Baca: Jelang Musim Haji Permintaan Umrah di Kalsel Meningkat, Biro Travel Godok Promo Umrah Harga Ekonomis

Perbaikan kantor dilakukan menggunakan alat dongkrak, untuk mengangkat bangunan kantor yg miring. Kemudian sekitar pukul14.30 Wita bangunan kantor pemasaran yg diperbaiki tiba-tiba roboh dan menimpa bangunan rumah warga disampingnya.

Dari kemudian itu, tujuh orang warga mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Mereka adalah
Annisa dan 4 orang anggota keluarga. Guntur dan Maulina. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved