Berita Batola

NEWSVIDEO : Sistem Buka Tutup Arus Lalu Lintas Diberlakukan Di Jembatan Barito, Ini Penyebabnya

Sistem buka tutup selama 24 jam dengan jarak waktu 10 menit dari sisi Kalteng arah Banjarmasin dan 10 menit dari arah Banjarmasin ke Kalteng.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - BAGI pengendara dari arah Kalteng ke Banjarmasin atau sebaliknya dari Banjarmasin ke Kalteng harus bersabar.

Soalnya, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI sedang melakukan perbaikan berkala jembatan Barito Kabupaten Batola dengan anggaran Rp7,9 Miliar selama 7 sampai 10 hari sejak, Rabu (26/6/19) lalu.

Pihak pelaksana perbaikan jalan pun memberlakukan arus lalulintas satu arah sistem buka tutup selama 24 jam dengan jarak waktu 10 menit dari sisi Kalteng arah Banjarmasin dan 10 menit dari arah Banjarmasin ke Kalteng.

Mirnasari Daulay, ST.M.Sc, PPK (pejabat pembuat komitmen) 1.1 Provinsi Kalsel Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah XI, berharap perbaikan berkalan Jembatan Barito itu bisa sesuai target yakni 7 hari dengan catatan cuaca mendukung.

“Sistem buka tutup arus lalulintas dimaksimalkan antrian di bawah Jembatan Barito. Jadi tidak boleh ada penumpukan kendaraan di Jembatan Barito,” tegas Mirna.

Baca: Truk Fuso Berisi Barang Bekas Terbakar di Palangkaraya, Warga Sekitar Bandara Tjilik Riwut Geger

Baca: Balai Besar Lakukan Pengaspalan, Warga Keluhkan Waktu 2,5 Jam Untuk Lewati Jembatan Barito

Dipaparkannya, Jembatan Barito berkonsep cable stayed atau jembatan gantung sehingga tidak boleh ada beban terpaku karena beban guncangan sangat kuat. Sejak hari pertama pengerjakan perbaikan jembatan Rabu (26/6/19) lalu, pihaknya sudah membuat pola sistem arus lalulintas dan melakukan evaluasi arus lalulintas.

“Lantai jembatan Barito sudah bolong-bolong sehingga perlu ada pemeliharaaan dan dilakukan perbaikan sistem injeksi,” katanya.

Mirna menjamin sejak hari kedua perbaikan jembatan Barito tidak ada lagi penumpukan arus lalulintas seperti hari pertama perbaikan, namun ada perlambatan arus. Pengaturan arus lalulintas sifatnya kondisional. Seperti di jam pagi, dicoba diberlakukan arus lalulintas satu arah sistem buka tutup dengan jarak waktu 10 menit dari sisi Kalteng arah Banjarmasin dan 10 menit dari arah Banjarmasin ke Kalteng.

“Di jam tertentu jika dari sisi Kalteng arah Banjarmasin terlihat lebih banyak antrean kendaraan dibandingkan dari sisi arah Banjarmasin ke Kalteng, maka waktu sistem buka akan lebih banyak dari Kalteng ke Banjarmasin, seperti 8 menit dan 2 menit. Jadi ngga mesti 10 menit-10 menit” katanya.(banjarmasinpost.co.id/Edi Nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved