Berita Tabalong

Pemkab Tabalong Bangun PLUT di Murung Pudak, Warga Bakal Mudah Promosikan Hasil Kerajinan

abupaten Tabalong bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk membangun wadah yang bisa digunakan untuk menampung kegiatan dan promosi para pengrajin.

Pemkab Tabalong Bangun PLUT di Murung Pudak, Warga Bakal Mudah Promosikan Hasil Kerajinan
banjarmasinpost.co.id/dony usman
Kementrian Perindustrian ketika berdialog dengan Disperindag dan UKM Tabalong, Rabu (21/5/2014). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pamerintah Daerah berupaya untuk meningkatkan kerajianan di Kabupaten Tabalong.

Dan untuk itu Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan pemerintah pusat untuk membangun wadah yang bisa digunakan untuk menampung kegiatan dan promosi para pengrajin.

Pembangunan Pusat Pelayana Usaha Terpadu (PLUT) dengan luas 300 meter persegi rencananya akan dibangun di lahan pemerintah daerah yang berada di sebelah kantor BPBD Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Pembangunan PLUT menggunakan dana bersunber dari pemerintah pusat senilai Rp 2 miliar. Dan pembangunannya akan dilakukan secepatnya, Anang Syakhfiani Bupati Tabalong berharap pada peringatan hari Jadi Tabalong di Bulan Desember sudah bisa dimanfaatkan.

Baca: Wakil Bupati Tanahlaut Abdi Rahman Gelar Rapat Urgen Ternyata Hal Ini Yang Dibahas

Baca: Truk Fuso Berisi Barang Bekas Terbakar di Palangkaraya, Warga Sekitar Bandara Tjilik Riwut Geger

PLUT sendiri nantinya digunakan untuk pusat pelatihan dan bimbingan seluruh anggota UKM yang ada di Tabalong. Selain pusat pelatihan juga terdapat galeri sehibgga hasil keradinan dan olahan dari warga bisa dipromisikan.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Tabalong. Pemerinrah daerah akan memberikan dana sharing untuk membantu melengkapi fasilitas yang ada.

Terpisah Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muhammad Faisal mengatakan untuk pengelolaannya juga akan didanai oleh pemerintah pusat. Dengan merekrut oeang yang memang berkompeten dibidangnya melalui seleksi.

"Untuk pengelolanya masih ditunjang pemerintah pusat, disalurkan melalui pemerintah privinsi," ujarnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved