Bisnis

Infaq dan Wakaf Kini Bisa Dilakukan Via Mobile Banking Perbankan, Ini Kemudahan yang Diberikan

perbankan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berinovasi dalam meningkatkan layanan digital mobile banking

Infaq dan Wakaf Kini Bisa Dilakukan Via Mobile Banking Perbankan, Ini Kemudahan yang Diberikan
Banjarmasinpost.co.id/Mariana.
Mobile Banking Expo 2019 di Duta Mall, Banjarmasin, Sabtu (29/6/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mendukung program cashless society, sejumlah perbankan di Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berinovasi dalam meningkatkan layanan digital mobile banking.

Tidak hanya sekadar transaksi keuangan yakni transfer, cek saldo, online payment, kini dilengkapi pula layanan infaq dan wakaf digital via mobile banking perbankan.

PT Bank Syariah Mandiri (BSM) misalnya, telah meluncurkan platform wakaf digital jadiberkah.id pada 8 Mei 2019 lalu.

Sebelum diresmikannya website jadiberkah.id, BSM melayani wakaf digital melalui channel mobile banking. Namun, layanan tersebut terbatas melayani nasabah BSM.

Baca: Unggah Status Pornografi di Medsos, Bidhumas Polda Kalteng Bina Dua Siswi SMA di Palangkaraya

Baca: Debut Perdana Besut Barito Putera, Yunan Helmi Berharap Jadi Titik Balik Saat Lawan PSIS Semarang

Baca: Surat Walikota Surabaya Tri Rismaharini Viral, Risma Tegaskan Siap Layani Warga Surabaya Lagi

Baca: Ekspresi Luna Maya Saat Foto Bareng Ibu Faisal Nasimuddin, Momen Kumpul Keluarga Viral di Medsos

"Platform tersebut memudahkan transaksi wakaf, baik bagi pemberi wakaf (wakif) ataupun pihak yang menerima harta benda wakaf (nazhir)," jelas Regional CEO PT Bank Syariah Mandiri Region Office VI/Kalimantan, Wisnu Sunandar kepada Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (29/6/2019).

Disampaikannya, tujuan dibentuknya platform wakaf digital ini adalah untuk mengakomodasi tingginya keinginan masyarakat dalam berbagi.

"Seiring meningkatnya kelas muslim menengah, kesadaran tentang berbagi serta meningkatnya pemanfaatan teknologi digital, masyarakat butuh wadah menyalurkan semangat berbagi yang transparan dan fleksibel dari sisi moda pembayaran dan waktu," ucapnya.

Melalui platform jadiberkah.id masyarakat umum bahkan yang belum menjadi nasabah Mandiri Syariah pun dapat melakukan wakaf dengan mudah, transparan (dapat dimonitor) dan mendapat sertifikat wakaf sesuai ketentuan.

BSM pun berusaha memenuhi kebutuhan ibadah umat Islam dengan menyediakan aplikasi arah kiblat, jadwal waktu shalat dan masjid terdekat, serta spiritual quotes bersamaan dengan layanan transaksi keuangan dan kebutuhan berbagi.

"Ke depannya diharapkan dengan aplikasi mobile banking, kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi bukan hanya transaksi tapi juga kebutuhan ibadah pun dapat terpenuhi," tukasnya.

Sementara itu, Bank Kalsel pun turut berinovasi melengkapi layanan digital yang selama ini sudah digunakan para nasabahnya dalam bertransaksi secara online.

Layanan digital Bank Kalsel berupa zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) di mobile banking Bank Kalsel.

Baca: Ikut Lomba Mengolah Tanggui, Begini Cerita Salamah yang Sejak Kecil Tekuni Kerajinan Ini

Baca: Awal Juli, Satgas Karhutla Kalsel Mulai Beraksi Awasi Kebakaran

Baca: Galuh Banjar Bumi Barakat Ini Dukung Mal Pelayanan Publik, Begini Sarannya

Selain sebelumnya berupa M-Info meliputi informasi saldo, informasi mutasi rekening (Rekening Koran), informasi kupon undian, informasi suku bunga, informasi kurs, dan informasi berita Bank Kalsel.

Selanjutnya ada M-Transfer, mencakup transfer sesama rekening Bank Kalsel, dan transfer ke bank lain, lalu ada menu M-Payment meliputi pembayaran tagihan (Samsat, Telkom, Pascabayar, TV Kabel, PDAM, PBB), pembelian pulsa, pembayaran kartu kredit, serta informasi jaringan kantor cabang, dan ATM Bank Kalsel.

“Bisa setor Infaq dan Shadaqah berapapun, bisa Rp 10.000, Rp 20.000 dari penghasilan menggunakan mobile banking sehingga lebih fleksibel di era Bank 4.0 seperti saat ini," ucap Dirut Bank Kalsel, Agus Syabarrudin. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved