Breaking News:

Berita Banjarmasin

KPU RI Targetkan Hari H Pilkada 2020 Terlaksana September 2020

Jika tak ada perubahan, sesuai Rancanangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/acm
Komisioner Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jika tak ada perubahan, sesuai Rancanangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 akan dilaksanakan Rabu (23/10/2020).

Rancangan PKPU terkait Pilkada 2020 tersebut sudah mulai di uji Publik mulai Senin (24/6/2019).

"KPU melakukan uji publik terhadap rancangan PKPU tentang tahapan jadwal dan program pilkada, uji puiblik ini untuk dapat tanggapan masyarakat, pemantau, pengamat dan parpol memberi masukan terkait pengayaan dari rancangan PKPU,” kata Komisioner Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Parmas KPU Provinsi Kalsel, Edy Ariansyah.

Karena puncak Pilkada 2020 rencananya akan dilaksanakan pada Bulan September 2020, tahapan penyelenggaraan sudah akan dimulai pada Kamis (1/8/2019) dengan tahapan peneriman Data Agregat Kependudukan per-Kecamatan (DAK2).

Selanjutnya, penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur kepada KPU Provinsi dan Penyerahan syarat dukungan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati/Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada KPU Kabupaten/Kota masing-masing dilaksanakan mulai Jumat (28/2/2020) dan Senin (2/3/2020).

Baca: Sikap Aneh Nagita Slavina Saat Raffi Ahmad Terus Dikaitkan dengan Ayu Ting Ting.

Baca: Alasan Yuni Shara Tetap Melajang Bukan Karena Raffi Ahmad Suami Nagita Slavina

Baca: Jenis Kelamin Calon Anak Pertama Irish Bella dan Ammar Zoni Akhirnya Terungkap

Baca: Momen Dul Jaelani Kenang Pertemuan dengan Maia Estianty Sebelum Minggat dari Rumah Dhani dan Mulan

Data tersebut selanjutnya akan diteliti, diverifikasi secara faktual dan direkapitulasikan oleh KPU hingga Rabu (22/4/2020).

Jika data dukungan memenuhi syarat, maka KPU akan mulai membuka pendaftaran pasangan calon Kepala Daerah pada Selasa (28/4/2020) hingga Kamis (30/4/2020).

Tahapan selanjutnya termasuk pemeriksaan kesehatan, penelitian syarat pencalonan, perbaikan syarat pencalonan dan tahapan lainnya terkait persyaratan kelayakan administratif dilakukan kurang lebih dua bulan hingga dilakukannya penetapan Calon Kepala Daerah oleh KPU pada Sabtu (13/6/2020).

Sehari setelah penetapan pasangan calon, KPU akan melaksanakan pengundian nomor urut pasangan calon pada Minggu (14/6/2020) hingga akhirnya pada Bulan September 2020 akan dilaksanakan proses pungut hitung.

KPU menargetkan batas akhir pengumuman perolehan suara Pilkada 2020 di tingkat TPS pada Selasa (29/9/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved