Berita Internasional

Buka Pintu Darurat Pesawat, Penumpang Thail Lion Asal China Ditangkap Polisi

Seorang penumpang pria asal China dilaporkan ditangkap ketika membuka pintu darurat pesawat maskapai Thai Lion Air di Bangkok, Thailand.

Buka Pintu Darurat Pesawat, Penumpang Thail Lion Asal China Ditangkap Polisi
(Bangkok Post)
Thai Lion Air 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANGKOK -Seorang penumpang pria asal China membuat gegerpenumpang lain ketika mencoba membuka pintu darurat pesawat maskapai Thai Lion Air di Bangkok, Thailand.

Penumpang tersebut kemudian dilaporkan ditangkap polisi Thailand.

Pesawat dengan nomor penerbangan SL940 itu awalnya dijadwalkan untuk bertolak dari Bandara Don Mueang menuju Wuhan yang merupakan ibu kota Provinsi Hubei.

Berdasarkan keterangan saksi dilaporkan Chutian Metropolis Daily via SCMP Sabtu (29/6/2019), pria itu mencapai pegangan pintu darurat dan menariknya ke bawah.

Segera saja penumpang lain berteriak kepada pria yang tak disebutkan identitasnya itu, dengan awak kabin berlari untuk mencegah perbuatan si penumpang.

Baca: Hilang Kontak di Papua, Ini Identitas 12 Penumpang Helikopter MI-17V5 milik TNI AD

Saksi mengungkapkan bahwa penumpang itu merasa ketakutan dan terus meminta maaf kepada awak kabin. Dia berkata tidak tahu jika tak diperbokehkan membuka pintu darurat.

Sementara seorang penumpang lain mengatakan polisi langsung memasuki pesawat setelah insiden itu, dan membawa si penumpang beserta barang bawaannya keluar pesawat.

"Untungnya pesawat itu belum lepas landas karena jika pria itu melakukannya di tengah penerbangan, semua orang bakal dalam bahaya," terang saksi itu.

Laporan itu tidak menyebutkan nama pria itu maupun apa yang terjadi dengannya setelah keluar dari pesawat. Pihak Thai Lion Air pun menolak berkomentar.

Terdapat beberapa laporan perilaku ganjil yang dilakukan penumpang China. Termasuk di antaranya adalah membuka pintu darurat dan melemparkan koin untuk nasib baik.

Baca: Diduga Awan Comulunimbus Penyebab Hilang Kontak Helikopter TNI AD di Papua

Pada April lalu, seorang pria di kawasan tengah China ditahan selama 10 hari setelah ketahuan melemparkan koin ke mesin pesawat yang hendak dinaikinya ke Wuhan.

Kepada polisi yang menangkapnya, penumpang itu mengaku dia melakukannya demi "nasib baik", seperti yang diperintahkan oleh sang ibu mertuanya.

(Penulis : Ardi Priyatno Utomo/Kompas)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Buka Pintu Darurat Pesawat Thai Lion Air, Penumpang China Ditangkap Polisi"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved