Berita HSS

Bertahun-tahun Nikmati Listrik Hanya Enam Jam Sehari, Listrik di Muning Dalam Kini Bisa 24 Jam

Warga Desa Muning Dalam, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS, menyambut gembira tersambungnya desa mereka dengan jaringan listrik PL

Bertahun-tahun Nikmati Listrik Hanya Enam Jam Sehari, Listrik di Muning Dalam Kini Bisa 24 Jam
Banjarmasin Post/hanani
Salah satu jalan di kawasan Kecamatan Daha Selatan,‎ Hulu Sungai Selatan beberapa waktu lalu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Warga Desa Muning Dalam, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, menyambut gembira tersambungnya desa mereka dengan jaringan listrik PLN, Senin (1/7/2019).

Selama ini, desa tersebut hanya diterangi pembangkit listrik tenaga surya, di mana satu keluarga hanya mendapatkan maksimal 300 watt. Itupun, hanya bisa menyala enam jam, jika menghidupkan barang elektronik, seperti televisi, nyetrika dan lain-lain.

 Tapi, jika tak menghidupkan barang elektonik, dan hanya menggunakan bola lampu dan ngecas telepon genggam, bisa tahan 24 jam.

Namun, kendala terjadi selama musim hujan, karena hanya sedikit tenaga surya yang masuk ke pembangkit, sehingga menurut Kepala desa setempat, Mansyah pernah hanya bisa menyalakan listriknya seminggu sekali.

 “Alhamdulillah, aspirasi kami agar diberikan jaringan listrik PLN direalissi hari ini. Itu artinya, kami bisa lebih bebas menggunakan listrik, dengan tetap memperhatikan sesuai kebutuhan,”kata Mansyah.

Baca: 6 Model Cilik Banjarbaru Berjaya di Jakarta

Baca: Tentengan Mewah Luna Maya Saat Temui Ibu Faisal Nasimuddin di Malaysia Jadi Sorotan

Baca: Embat Sepeda Motor Saat Kebakaran dI HSU, Ulah Pria Ini Ketahuan Saat Tertangkap di Kalteng

Baca: Peserta PPDB SMA di Perbatasan Tertolak Sistem Aplikasi, Gara-gara Beda Wilayah

Dijelaskan Mansyah, PLTS menerangi desanya sejak beberapa tahun lalu,. Sebelumnya, warga hidup dalam suasana gelap. Desa Muning Dalam berpenduduk 494 jiwa, terbagi atas 153 keluarga.

 Dijelaskan, Jajaran PLN Rayon Kandangan resmi menyambungkan jaringan listrik tersebut, yang dihadiri Bupati HSS H AChmad Fikry, Wabup Syamsuri Arsyad, Sekda HSS dan jajaran pemintahan HSS.

“Kami berterimakasih kepada PLN dan Bupati HSS atas perhatian akan kebutuhan listrik di desa Muning Dalam,”imbuhnya. Menurut Kades, rata-rata daya yang dipasangkan PLN untuk rumah-rumah warga adalah 900 watt, non subsidi.

 Salah satu warga Muning Dalam menyatakan, tak khawatir lagi, jika musim hujan ketersediaan listrik PLTS terbatas, hingga tak bisa menonton televisi atau mengeces telepon genggam.

“Sebelumnya, kami sangat berhemat, karena memperhitungkan daya tersedia. JIka tiba-tiba setrum habis, menyalakan lampu minyak, atau bagi yang punya genset pakai genset. Sekarang bisa pakai 24 jam, asalkan tidak dipadamkan PLN,”kata warga tadi. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

 

 

 
 

Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved