HSU Mantap

Bupati Wahid Sampaikan Soal Ini Saat Pimpin Peringatan Harganas XXVI tingkat Kabupaten HSU

Upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten, dilaksanakan di HSU

Bupati Wahid Sampaikan Soal Ini Saat Pimpin Peringatan Harganas XXVI tingkat Kabupaten HSU
Pemkab HSU
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Upacara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten, dilaksanakan Pemkab HSU, di Halaman Kantor bupati, Senin (1/7/2019).

Kegiatan Harganas XXVI tahun 2019 dengan tema 'hari keluarga hari kita semua, cinta keluarga cinta terencana dan kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera'.

Dalam upacara ini Bupati HSU, H Abdul Wahid HK, membacakan sambutan tertulis Plt kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sigit Priouhutomo.

Disampaikan, program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) di Indonesia secara kuantitas dan kualitas cukup menggembirakan.

"Rata-rata wanita usia subur melahirkan dari 6,7 persen pada tahun 1970 menjadi 2,4 persen pada tahun 2018," katanya.

Secara kualitas penggunaan alat kontrasepsi melalui jangka panjang untuk mengatur jarak kelahiran dan juga dalam upaya meningkatkan ketahanan kesejahteraan keluarga yang terus berkembang di masyarakat.

Bupati HSU, H Abdul Wahid HK saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten hsu
Bupati HSU, H Abdul Wahid HK saat Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten hsu (Pemkab HSU)

Lebih lanjut disampaikannya, setiap tanggal 29 Juni telah diperingati hari keluarga nasional sejak tahun 1993, hal ini dilaksanakan sesuai amanat keputusan presiden nomor 39 tahun 2014 tentang hari keluarga nasional.

"Karena pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa, keluarga merupakan lingkungan pertama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara," tambahnya.

Kemudian juga disampaikan, setiap keluarga memiliki fungsi yang disebut 8 fungsi keluarga, fungsi tersebut adalah ; fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi reproduksi, fungsi sosial budaya dan fungsi lingkungan.

Melalui 8 fungsi keluarga itu diharapkan disetiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, dimana setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan, melalui 8 fungsi keluarga bila di implementasikan niscaya akan tumbuh anak Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji.

Diharapkan dengan adanya peringatan hari keluarga nasional sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga indonesia untuk terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar mendapatkan generasi yang berkualitas.

Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten HSU
Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas ) XXVI dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK, KKBPK, Kesehatan tingkat Kabupaten HSU (Pemkab HSU)

(aol)

Penulis: Dony Usman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved