Berita Tanahbumbu

Kepala Dinkes Tanahbumbu Minta Seluruh Puskesmas Lakukan Kesiapsiagaan Saat Pancaroba

Deman berdarah dengue (DBD), diare serta inspeksi saluran pernafasan (ISPA) jika kemarau disertai dengan asap yang disebabkan beberapa faktor.

Kepala Dinkes Tanahbumbu Minta Seluruh Puskesmas Lakukan Kesiapsiagaan Saat Pancaroba
Istimewa
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanahbumbu HM Damrah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Kembali akan menjadi perhatian Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanahbumbu. Menyusul saat ini mulai memasuki transisi musim hujan ke musim kemarau (pancaroba).

Pernyataan sikap perhatian tersebut, karena saat terjadi peralihan musim itu sangat dimungkinkan kembali munculnya beberapa penyakit.

Seperti deman berdarah dengue (DBD), diare serta inspeksi saluran pernafasan (ISPA) jika kemarau disertai dengan asap yang disebabkan beberapa faktor, misal kebakaran hutan.

Hal itu diakui Kepala Dinas Kesehatan HM Damrah, kepada banjarmasinpost.co.id. "Menghadapi transisi musim hujan ke musim kemarau tetap saja penyakit-penyakit yang mungkin terjadi seperti DBD, diare dan ISPA (kalau ada asap)," jelas Damrah.

Baca: Calon Jemaah Haji ini Belum Mengetahui Soal Virus MERS, Siapkan Masker Hanya untuk ini

Baca: Penampakan Reino Barack Ciumi Syahrini Saat Foto Bersama Jadi Sorotan, Incess Tak Malu?

Meski demikian adanya ancaman beberapa penyakit yang kerab muncul, terjadi disaat peralihan musim. Damrah berharap dampak dari peralihan musim itu tidak berpengaruh besar terhadap penyakit-penyakit tersebut.

Maka dari itu, selain akan menjadi perhatiannya. Damrah juga berharap peran serta semua masyarakat membantu petugas kesehatan melakukan antisipasi sejak dini.

Dengan menerapkan gerakan masyarakat (Germas) serta penerapan secara terus-menerus yaitu perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan dalam dan luar rumah.

"Prinsipnya lebih baik mencegah dari pada mengobati," ujar Damrah kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (1/7/2019).

Selain Damrah mengimbau kepada masyarakat belum menjadi peserta JKN KIS, dianjurkan untuk menjadi peserta program tersebut.

"Sehingga apabila sewaktu- waktu perlu pelayanan kesehatan tidak ragu karena sudah ada jaminan pembiayaan dari JKN KIS," terang Damrah.

Baca: Virus Mematikan Masih Mengintai, Sebelum Berangkat, Jemaah Haji Diperingatkan ini

Baca: Pesan Joko Widodo Pada Pidato Penetapan Presiden dan Wapres Terpilih di KPU RI

Disinggung soal kesiapan Dinas Kesehatan, terkait upaya mengantisipasi dan menekan angka kasus disebabkan penyakit akibat peralihan musim.

Kembali Damrah menyatakan, pihaknya sudah melakukan kesiap siagaan di semua puskesmas dan seluruh tenaga kesehatan baik puskemas sampai dengan desa.

"Memaksimalkan SKD terhadap penyakit-penyakit dapat menimbulkan KLB. Sosialisasi kepada masyarakat terhadap dampak kemarau tehadap bidang kesehatan," pungkas Damrah.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved