KalselPedia

KalselPedia - Objek Wisata di Kota Banjarmasin hingga Meliputi Perairan

Tidak hanya meliputi daratan, sebagai kota berjuluk seribu sungai Banjarmasin juga merekomendasikan wilayah perairan sebagai tempat berwisata yang asy

KalselPedia - Objek Wisata di Kota Banjarmasin hingga Meliputi Perairan
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Destinasi wisata religi Kubah Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari atau biasa disebut Tuan Guru Surgi Mufti, Sungai Jingah Kota Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Objek wisata Banjarmasin adalah tempat-tempat yang menyuguhkan daya tarik atau keindahan sehingga membuat wisatawan berkunjung ke Banjarmasin.

Ya, alam memikat sejumlah wisatawan, kota seribu sungai memang tak habisnya mengumbar eksotisnya.

Bahkan tidak hanya meliputi daratan, sebagai kota berjuluk seribu sungai Banjarmasin juga merekomendasikan wilayah perairan sebagai tempat berwisata yang asyik.

Di antaranya sebut saja Pasar Terapung, objek wisata yang cukup tersohor baik nasional hingga mancanegara sekalipun.

Petugas Biddokes Polda Kalsel memperiksa kesehatan acil-acil pedagang pasar terapung di Sungai Martapura, Siring Jalan Tendean, Banjarmasin
Petugas Biddokes Polda Kalsel memperiksa kesehatan acil-acil pedagang pasar terapung di Sungai Martapura, Siring Jalan Tendean, Banjarmasin (banjarmasinpost.co.id/irfani rahman)

Bahkan saking terkenalnya tidak jarang membuat beberapa orang melupakan lokasi atau nama kota keberadaan objek wisata tersebut.

Tidak hanya itu, bagi pelancong yang juga ingin mendapatkan sensasi petualang air, bisa melakukan susur sungai dari Taman Siring Jalan Piere Tendean menaiki perahu motor atau kelotok.

Selain itu masih menghadap perairan atau sungai Martapura, yang tak kalah ramai dikunjungi masyarakat ketika berlibur dan menjadi lokasi swafoto adalah Patung Bekantan dan Tugu Kilometer 0.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina lepaskan balon sebagai simbolis peresmian Taman 0 KM Banjarmasin, Minggu (23/4/2017)
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina lepaskan balon sebagai simbolis peresmian Taman 0 KM Banjarmasin, Minggu (23/4/2017) (banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Hanya saja dua objek wisata ini berada di tempat berbeda yakni masing-masing Patung Bekantan di Siring Jalan Kapten Piere Tendean sedangkan Tugu Kilometer 0 berada di Siring Jalan Jendral Sudirman.

Selain itu ada pula lokasi wisata yang dapat melihat sebagian kota Banjarmasin nampak dari atas. Tempat ini yaitu bernama Menara Pandang yang berlokasi di Siring Jalan Piere Tendean Kota Banjarmasin.

Sedangkan untuk wilayah Banjarmasin Utara atau tepatnya Jalan Pangeran Kuin Utara, kota berjuluk seribu sungai juga memiliki objek wisata lainnya hingga religi.

Destinasi wisata religi Kubah Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari atau biasa disebut Tuan Guru Surgi Mufti, Sungai Jingah Kota Banjarmasin.
Destinasi wisata religi Kubah Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari atau biasa disebut Tuan Guru Surgi Mufti, Sungai Jingah Kota Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Destinasi wisata itu masing-masing Makam Sultan Suriansyah, atau merupakan raja Banjar Islam pertama beserta, meseum, dan bangunan masjid tuanya.

Kemudian ada pula, Makam Syekh Jamaluddin Al-Banjari atau biasa disebut Tuan Guru Surgi Mufti di Jalan Sungai Jingah, Taman Satwa di Jalan Zahri Saleh Kelurahan Surgi Mufti dan meseum Wasaka di kawasan Banua Anyar.

Sedangkan untuk di Kecamatan Banjarmasin Tengah, objek wisata yang tak kalah ramai menjadi tujuan para warga ketika memasuki akhir pekannya, yakni ada Taman Edukasi Banua di Jalan Asy Musyafa, Taman Kamboja dan Air Mancur warna-warni di lokasi sama atau Jalan Kamboja.

Destinasi wisata air mancur di Taman Kamboja, Kota Banjarmasin.
Destinasi wisata air mancur di Taman Kamboja, Kota Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Selain itu ada pula wisata religi yakni Kubah Makam Habib Basirih, yang berasa di Kelurahan Basirih Kecamatan Banjarmasin Barat. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved