Berita HSS

PLN Sebut 91,42 Persen Desa di HSS Sudah Berlistrik, Fikry Minta Tradisi Baca Alquran Malam Hari

Sejak 2018, telah dibentuk unit khusus pembangunan listrik desa UP3 Kalsel, dan pada 2016 rasio elektrifikasi pembangunan listrik desadi hss 88 persen

PLN Sebut 91,42 Persen Desa di HSS Sudah Berlistrik, Fikry Minta Tradisi  Baca Alquran Malam Hari
Protokol dan kehumasan pemkab HSS
Warga Desa Muning Dalam, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan. Desa yang diakses lewat jalur transportasi sungai ini baru saja dialiri jaringan listrik PLN, Senin 1 Juli 2019. Warga Desa Muning Dalam, Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan. Desa yang diakses lewat jalur transportasi sungai ini baru saja dialiri jaringan listrik PLN, Senin 1 Juli 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Manager Bagian Perencanaan PLN Kaselteng  UP3 Barabai Wahyu Arifianto menyatakan, pembangunan listrik desa sejak 2016 berada di bawah kendali UP3 Barabai.

Sejak 2018, telah dibentuk unit khusus pembangunan listrik desa UP3 Kalsel, dan pada 2016 rasio elektrifikasi pembangunan listrik desa khusus Hulu Sungai Selatan baru 88 persen.

 “Sampai 2018 meningkat menjadi 91,42 persen. Pada 2019 ini ada dua lokasi di desa Kecamatan Loksado sedang dibangun jaringan listrik, menyusul desa-desa lainnya yang belum berlistrik. Namun yang diutamakan desa yang aksesnya mudah dulu,”katanya peresmikan jaringan listrik PLN di Desa Muning Dalam Kecamatan Daha Selatan, Senin 1 Juli 2019.  

 Arifianto menjelaskan, pembangunan jaringan di Desa Muning Dalam sendiri dilaksanakan sejak 2018. Sekitar 10 kilometer, diambil dari jaringan Margasari. Adapun investasi yang ditanamkan, untuk satu  paket pekerjaan senilai Rp 4,5 miliar  untuk pembangunan jaringan tegangan menegah dan tegangan rendah.

Baca: Respons Galih Ginanjar Saat Didatangi Sonny Septian Suami Fairuz A Rafiq, Tak Berani Berkata-kata?

Baca: Pegadaian Area Kalselteng Alami Pertumbuhan Outstanding Loan 17,06 Persen, Ini Penyebabnya

Baca: Stand Bazar Tapin Art Festival 2019 Tempati Badan Jalan Datu Subhan

Baca: PPDB Tingkat SMP di HST Sudah Ditutup, Siswa Masih Boleh Mendaftar dengan Syarat Ini

 “Seharusnya jaringan ini sudah diaktifkan 2018. Karena ada kendala, salah satunya masalah pembebasan lahan dan infrastruktur jalan akhirnya baru bisa diselesaikan, hingga  diresmikan dan diaktifkan 1 Juli 2019”, katanya.

 Disebutkan, pelanggan di Desa Muning Dalam ikut ULP Rantau, sehingga jika ada gangguan dan lain sebagainya bisa menghubungi ULP Rantau. 

 Sementara, Bupati HSS H Achmad Fikry saat meresmikan jaringan listrik PLN di Desa Muning Dalam Kecamatan Daha Selatan tersebut  meminta masyarakat setempat memanfaatkan jaringan listrik dengan sebaik-baiknya tak hanya untuk kepentingan rumah tangga. 

Tapi juga untuk kepentingan belajar anak sekolah, termasuk mengaji (membaca Alquran). Fikry  berharap masuknya jaringan PLN ke desa-desa, membuat tradisi membaca Alquran malam hari selepas salat magrib maupun salat isya kembali ramai dan dihidupkan. Baik di rumah-rumah, musala maupun masjid.

Baca: Kepanikan Ashanty Depan Olla Ramlan dan Nindy Hingga Rela Naik Meja, Istri Anang Hermansyah Fobia?

Baca: Pilgub 2020, Paman Birin Dipastikan Dapatkan Dukungan PDIP Kalsel

Baca: Spider-Man Far From Home Nyaris Tampilkan Captain America Baru Atas Permintaan Peter Parker

 “Tak lupa kami sampaikan terimakasih kepada PLN Kalselteng UP3 Barabai yag telah mewujudkan harapan masyarakat Desa Muning Dalam. Dengan demikian, di Daha, semua masyarakat desa sudah  menerima jaringan PLN. Tinggal beberapa desa di Loksado, karena sebagian kecil masih ada yang belum terlayani. Insya allah secara bertahap bisa direalisasi PLN,”kata Fikry.

 Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Muning Dalam, Kecamatan Daha Selatan menyembut gembira diaktifkannya jaringan listrik di desa mereka.

Dengan demikian, bisa menggunakan listri 24 jam, ari hanya enam jam menggunakan tenaga surya. Kades Muning Dalam, Mansyah berharap, kedepan akses jalan desa bisa tembus jalur darat karena ini hal utama untuk bisa meningkatkan perekonomian Desa Muning Dalam. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved