Berita Nasional

Tinggal di Kompleks Perumahan Bogor, Abang Terduga Teroris Amir Jamaah Islamiyah Sering Ganti Mobil

Abang diketahui sering berganti mobil yang relatif mewah yakni Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

Tinggal di Kompleks Perumahan Bogor, Abang Terduga Teroris Amir Jamaah Islamiyah Sering Ganti Mobil
(KOMPAS.com/DEVINA HALIM )
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo (kanan) di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7/2019), saat ekspose terduga teroris Jamaah Islamiyah (JI). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Densus 88 Antiteror Polri melakukan serangkaian penangkapan terhadap lima terduga teroris di Jawa Barat dan Jawa Timur. Mereka diduga tergabung dalam kelompok Jamaah Islamiyah (JI). Oleh polisi JI berafiliasi dengan kelompok teroris global, Al Qaeda, yang kini tak begitu terdengar lagi.

PW alias Abang diamankan bersama MY, istrinya, saat berada di dalam hotel di Bekasi, Jawa Barat. Ia diketahui sering berganti mobil yang relatif mewah yakni Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero.

“PW sering gonta-ganti kendaraan. Keluar menggunakan mobil. Mobil yang digunakan ganti-ganti, pertama Fortuner, lalu Pajero kemudian Innova,” Suaeb, petugas keamanan di Perumahan Pesona Telaga, Kelurahan Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor, kompleks tempat tinggal PW.

Berdasarkan penelusuran pada laman distributor mobil di Jakarta, mobil baru Innova dijual mulai Rp 309,8 juta hingga Rp 410 juta. Toyota Fortuner mulai Rp 474 juta hingga Rp 666 juta. Sedang Mitsubishi berkisar Rp 464 juta hingga Rp 522 juta.

Baca: Kelompok Terorisi Jamaah Islamiyah Ini, Petingginya Digaji Rp 15 Juta, Kirim Rekrutan ke Suriah

PW bersama seorang istri dan dua anaknya, selama hampir tiga tahun, tinggal di perumahan tersebut.

Suaeb mengatakan PW merupakan pribadi yang tertutup. “Orangnya memang tertutup. Keluar ya keluar, setelah itu langsung masuk ke rumah,” ujar Suaeb.

Sepengetahuan Suaeb, PW tidak pernah menerima tamu ataupun temannya yang datang ke rumah kontrakannya.

Menurut polisi, PW beserta istri diamankan pada Sabtu (29/6). Di tempat yang sama, polisi mengamankan seorang terduga lainnya, BS.

“Yang ditangkap ini (PW) adalah pimpinan JI, setelah dia melakukan metamorfosa dari tahun 2007 sampai sekarang. Atau boleh dikatakan sebagai Amir dari JI,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7).

Sedang istrinya, menurut Dedi, juga aktif dalam organisasi tersebut. Sementara BS merupakan penghubung antara PW dan para rekrutan kelompok JI.

Baca: Densus 88 Bekuk Teroris di Ponorogo Jawa Timur, Warga Disuruh Hapus Video Penangkapan

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved