Berita Kabupaten Banjar

Belasan Ribu KTP Elektronik di Banjar Tak Kunjung Didistribusikan, Ini yang Terjadi

Belasan ribu kartu tanda penduduk elektronik (KTP El) dikabarkan 'mengendap' di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Banjar.

Belasan Ribu KTP Elektronik di Banjar Tak Kunjung Didistribusikan, Ini yang Terjadi
banjarmasinpost.co.id/idda royani
ANTRE - Warga antre memunggu giliran perekaman KTP El di kantor Dukcapil Banjar, Rabu (03/07/2019) siang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Belasan ribu kartu tanda penduduk elektronik (KTP El) dikabarkan 'mengendap' di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Banjar. Namun hingga kini belum ada kejelasan kapan akan didistribusikan kepada masyarakat.

Informasi diperoleh, belasan ribu KTP El tersebut cetakan dari pemerintah pusat. Itu merupakan program percepatan percetakan KTP El guna membantu menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak, 17 April 2019 lalu.

Karena itu, kala itu pemerintah pusat menggelindingkan program pencetakan KTP El hingga ke seluruh daerah di negeri ini. Termasuk Kabupaten Banjar yang saat itu mendapat jatah sekitar 18 ribu persil KTP El.

Sebelum hari 'H' pemilu kabarnya belasan ribu KTP El tersebut telah tiba di kantor Dukcapil Banjar. Bahkan, sejumlah warga yang mendengar kabar tersebut (telah menjalani perekaman) mendatangi kantor Dukcapil Banjar di Jalan Batuah, Martapura. Mereka menanyakan kapan KTP El bisa didapatkan, namun tak kunjung ada kejelasan.

Baca: PLN Ganti Ribuan KWH Meter Listrik Pelanggan di Kalseng dan Kalteng, Ini Tujuannya

Baca: Fakta Mengejutkan Barbie Kumalasari & Sikap Anak Fairuz ke Galih Ginanjar, Rey Utami & Pablo Benua?

Baca: Pengusaha Wajib Laporkan Penanaman Modal, Untuk Mengetahui Potensi Usaha di Kabupaten HSS

Dikonfirmasi mengenai hal itu, Rabu (03/07/2019) siang, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Dukcapil Banjar, Yusi Ansyari Nihe, membenarkan belasan ribu KTP El cetakan pemerintah pusat telah tiba di kantor Dukcapil Banjar sejak beberapa waktu lalu.

Lalu mengapa tak segera didistribusikan? "Memang kemarin itu saya ada melihat video keterangan Pak Kadis bahwa masyarakat bisa mengambilnya ke kantor (Dukcapil). Tapi, hingga sekarang belum ada intruksi lebih lanjut kepada saya," ucapnya.

Apakah ada kendala atau masalah? "Mengenai hal itu, supaya lebih jelas sebaiknya ditanyakan langsung ke Pak Kadis. Sebagai bawahan saya kan melaksanakan perintah atasan. Sekarang barangnya (KTP El) belum ada pada saya," tandas Yusi.

YUSI ANSYARI NIHE, kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Banjar.
YUSI ANSYARI NIHE, kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Banjar. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Namun ia menduga dimungkinkan karena adanya data ganda sehingga KTP El cetakan pusat tersebut tak kunjung didistribusikan. Pasalnya hal tersebut bisa memunculkan persoalan baru jika terdistrusi.

Baca: 3 Siswa SMKN 2 Kandangan Wakili Kalsel ke Lomba Keterampialn Nasional, Bupati HSS Support Peralatan

Baca: Respons Ayu Ting Ting Soal Hengkang dari Pesbukers & Omongan Sampah Syifa, Terkait Raffi - Nagita?

Baca: Pedangdut Banjarmasin Adiez Momo Banjir Job Usai Lebaran

"Menurut kita, itu angkanya tak jelas. Bisa bertambah dan atau berkurang dalam jumlah yang luar biasa," ucapnya.

Sementara itu hingga berita ini dirilis, Kepala Dukcapil Banjar Azwar belum berhasil dikonfirmasi. Melalui pesan whatsapp (WA) yang dikirimkan, baru sebatas dibaca oleh pejabat eselon II tersebut. Namun beberapa waktu lalu, ia menegaskan dirinya selalu berupaya memberikan pelayanan maksimal terhadap masyarakat Banjar.(Banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved